Profil Raffi Ahmad: Mulai Artis Hingga Jadi Utusan Khusus Prabowo

Raffi Ahmad menjelma pejabat publik.

Profil Raffi Ahmad: Mulai Artis Hingga Jadi Utusan Khusus Prabowo
Utusan Khusus Presiden Bidang Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni terpilih Raffi Farid Ahmad melakukan sikap hormat saat dilantik Presiden Prabowo Subianto di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/10). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • Raffi Ahmad dilantik sebagai utusan khusus presiden dalam bidang pembinaan generasi muda dan pekerja seni.
  • Dia telah menjelma dari publik figur menjadi pejabat publik yang dekat kekuasaan setelah mendukung kemenangan Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024.

Jakarta, FORTUNE - Presiden Prabowo Subianto resmi melantik sejumlah tokoh menjadi Utusan Khusus Presiden di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/10). Pelantikan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 76/M tahun 2024 tentang Pengangkatan Utusan Khusus Presiden RI tahun 2024-2029.

Ada tujuh tokoh yang dilantik sebagai utusan khusus presiden, salah satunya Raffi Ahmad, yang bertugas pada bidang pembinaan generasi muda dan pekerja seni.

Raffi saat ini telah menjelma dari pesohor di dunia kesenian menjadi pejabat publik dalam lingkaran kekuasaan.

Untuk menuju posisi seperti sekarang, dia butuh waktu lumayan panjang. 

Pada Pilpres 2024, Raffi dan istrinya, Nagita Slavina, berada dalam deretan pesohor yang turut mendukung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Seperti apa profil dan perjalanan kariernya hingga menjadi utusan khusus Presiden Prabowo? Simak selengkapnya di bawah ini.
 

Perjalanan Raffi dari artis menjadi pejabat publik

Raffi beroleh julukan "Sultan Andara" karena memiliki sejumlah properti di kawasan Jakarta Selatan tersebut. Label itu juga mencerminkan kesuksesannya sebagai salah satu pesobor terkaya di Indonesia.

Namun, perjalanan pria Bandung yang lahir pada 1987 itu tidaklah instan. Ia memulai karier di industri hiburan dari nol dan meniti jalan panjang sejak awal 2000-an sebagai aktor sinetron. 

Seiring ketenarannya di dunia sinetron, ia kemudian sering tampil sebagai pembawa acara musik pagi hari, bekerja sama dengan almarhum Olga Syahputra. Selain dikenal sebagai aktor, Raffi juga mengeksplorasi bakatnya pada bidang musik dan pernah bergabung dalam grup vokal Bukan Bintang Biasa (BBB), yang dibentuk oleh Melly Goeslaw pada 2015.

Di tengah karier yang semakin melesat, Raffi sempat tersandung kasus narkoba dan ditangkap oleh Badan Narkotika Nasional (BNN). Setelah menjalani rehabilitasi, ia kembali bangkit dan menikah dengan Nagita Slavina pada 17 Oktober 2014.

Kini, Raffi menjalankan berbagai bisnis yang mencakup sektor makanan, fesyen, otomotif, digital, hingga olahraga. Pada 2015, ia mendirikan RANS Entertainment bersama Nagita Slavina, sebuah perusahaan yang bergerak di media digital seperti YouTube dan telah memiliki jutaan penggemar. RANS Entertainment bahkan berencana untuk menjadi perusahaan terbuka melalui proses pra-IPO.

RANS juga menaungi berbagai usaha lain, seperti rumah produksi RA Picture, RANS Music, RANS Animation Studio, RANS Beauty, dan RANS eSports, yang mengembangkan klub olahraga digital. Raffi juga merambah dunia olahraga dengan memiliki klub basket serta sepak bola, yaitu RANS Cilegon FC.

Berbagai pencapaian tersebut kian mendongkrak popularitasnya, yang lalu dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis dan—belakangan—terjun ke dunia politik.

Sebelum menjadi Utusan Khusus Presiden, Raffi dilantik sebagai Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia untuk bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, di bawah kepemimpinan Anindya Bakrie.

Saat pelantikan Raffi Ahmad sebagai Utusan Khusus Presiden di Istana Negara, gelar tersebut diakui dan dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti.

Namun ketika dikonfirmasi, Raffi menanggapi santai. "Ya kalau itu mungkin nanti ditanyakan saja kepada pihak sebelah sana (Istana). Terima kasih," ujarnya.

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

Most Popular

Daftar Menteri Kabinet Prabowo dan Jabatannya, Lengkap!
Tugas Luhut usai Dilantik jadi Ketua Dewan Ekonomi Nasional
Ini Profil 3 Eks-Bankir yang Masuk Kabinet Presiden Prabowo
Izin Usaha Investree Dicabut OJK, Bagaimana Nasib Nasabah?
Prabowo Lantik Raffi Ahmad hingga Gus Miftah Jadi Utusan Presiden
Prabowo Lantik Luhut Jadi Kepala Dewan Ekonomi Nasional