Dirut Krakatau Steel Purwono Widodo Meninggal Dunia, Ini Profilnya

Purwono jaga EBITDA KRAS positif meski penjualan turun.

Dirut Krakatau Steel Purwono Widodo Meninggal Dunia, Ini Profilnya
Mendag, Zulkifli Hasan dan Dirut Krakatau Steel, Purwono Widodo. (Dok. kemendag)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • Direktur Utama Krakatau Steel, Purwono Widodo, meninggal dunia di RS Medistra Jakarta.
  • Purwono diangkat sebagai Direktur Utama pada 18 Januari 2023 setelah meniti karier dari bawah sejak 2004.
  • Ia berhasil mempertahankan kinerja positif KRAS dan meraih target penjualan produk baja meskipun mengalami insiden di pabrik HSM 1.

Jakarta, FORTUNE - Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KRAS), Purwono Widodo, meninggal dunia pada Rabu (2/10) malam di RS Medistra Jakarta. Melalui posting pada akun Instagram, Krakatau Steel menyampaikan kabar lelayu itu dini hari tadi. 

"Dewan komisaris, direksi dan karyawan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk menyatakan duka cita yang mendalam atas kehilangan sosok pemimpin terbaiknya," demikian petikan unggahan tersebut.

Purwono diangkat sebagai Direktur Utama Krakatau Steel pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 18 Januari 2023. Ia menggantikan Silmy Karim yang kini menjabat sebagai Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. 

Meski baru masuk ke jajaran direksi sejak Maret 2017, Purwono bukan orang baru di Krakatau Steel. Ia memulai kariernya dari bawah, dengan posisi General Manager Pemasaran Krakatau Steel pada 2004 sampai 2006. Kemudian pada 2006-2008, Purwono dipercaya menjabat General Manager Penjualan Krakatau Steel.

Setelahnya, karier Purwono menanjak, yang pada 2008 hingga 2013 menempatkannya pada pos Direktur Komersial PT KHI Pipe Industries, anak usaha KRAS. Ia kemudian dipercaya sebagai Direktur Utama KHI Pipe Industries pada 2013 sampai 2017.

Setelahnya, barulah Purwono masuk ke jajaran direksi KRAS dengan jabatan sebagai Direktur Pemasaran Krakatau Steel, dan pada 2018 posisinya berganti nomenklatur menjadi Direktur Komersial Krakatau Steel, sesuai dengan perubahan nomenklatur pada pada RUPLSB 2018.

Pada RUPSLB yang berlangsung 24 November 2020, ketika Krakatau Steel tengah melakukan restrukturisasi besar-besaran, lulusan Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung ini lalu dialihtugaskan menjadi Direktur Pengembangan Usaha. 

Hingga akhirnya, ia dipercaya sebagai Direktur Utama Krakatau Steel pada awal 2023.

Selama menjabat pada tahun lalu, Purwono berhasil mempertahankan kinerja pendapatan dan EBITDA positif KRAS serta mampu merealisasikan target atas penjualan produk baja usai insiden yang terjadi di pabrik Hot Strip Mill (HSM) 1 yang menyebabkan terhentinya operasional pabrik pada pertengahan tahun—berujung pada tidak optimalnya produktivitas perseroan.

Di luar jabatannya sebagai Direktur Utama Krakatau Steel, Purwono juga merangkap jabatan sebagai Presiden Komisaris di PT Kerismas Witikco Makmur.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

Ekonomi Global Melemah, OJK Minta Industri Keuangan Waspada
Dirut Krakatau Steel Purwono Widodo Meninggal Dunia, Ini Profilnya
Dari 18,9 Juta Penerima Kartu Prakerja, Mayoritas Milenial dan Gen Z
Investor Kripto Tembus 20,9 Juta, Total Transaksinya Naik 354%
Oracle Akan Investasi di Malaysia US$6,5 Miliar, Buat Bangun Cloud
Daftar Harga Emas Hari Ini, 2 Oktober 2024: Naik Rp12.000