KPK OTT Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Jateng Putu Sumarjaya

Kemenhub tunggu keterangan KPK untuk lakukan tindak lanjut.

KPK OTT Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Jateng Putu Sumarjaya
Ilustrasi tangkap tersangka KPK. (dok. KPK)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan empat orang atas dugaan korupsi di Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah, Direktorat Jenderal Kereta Api (DJKA), Kementerian Perhubungan. Operasi senyap itu terkait dengan kasus dugaan suap terkait paket pekerjaan tender track layout (TLO) Stasiun Tegal.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri, mengatakan pihak yang diamankan dalam OTT tersebut terdiri atas penyelenggara negara dan pihak swasta. "Ada beberapa yang ditangkap, di antaranya pejabat Balai DJKA Jawa Tengah, pejabat pembuat komitmen (PPK) proyek pekerjaan perkeretapiaan, dan pihak swasta," jelasnya seperti dikutip Antara, Selasa (11/4).

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas I Jawa Tengah, Putu Sumarjaya, diketahui merupakan penyelenggara negara yang diamankan KPK malam itu. Kini, keempatnya telah tiba di Gedung KPK dan tengah dimintai keterangan oleh penyidik KPK.

Ali menambahkan, lembaganya akan segera memberikan laporan perkembangan OTT tersebut kepada publik. "KPK segera menentukan sikap setelah 1x24 jam," ujarnya.

Kemenhub Tunggu Pernyataan Resmi KPK

Sementara itu, Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati, mengatakan kementeriannya masih menunggu pernyataan resmi KPK ihwal OTT pejabat DJKA Jawa Tengah tersebut.

"Hingga malam ini, Selasa (11/4), kami belum mendapat informasi resmi mengenai hal ini dari KPK maupun pihak lainnya. Kami masih menunggu pernyataan resmi dari KPK untuk melakukan langkah selanjutnya," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima Rabu (12/4).

Kendati demikian, Kemenhub mendukung berbagai upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK, termasuk OTT terhadap pejabat DJKA tersebut. "Kementerian Perhubungan sangat mendukung berbagai upaya untuk memberantas korupsi dan akan bekerja sama dengan pihak berwenang dalam hal ini," ujar Adita.

Ia juga memastikan akan menginformasikan lebih lanjut perkembangan dari Kemenhub terkait dengan OTT pejabat DJKA itu. "Jika ada perkembangan informasi lebih lanjut terkait hal ini, akan segera kami sampaikan selanjutnya kepada rekan-rekan media," ujarnya.

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

Most Popular

Izin Usaha Investree Dicabut OJK, Bagaimana Nasib Nasabah?
Prabowo Lantik Raffi Ahmad hingga Gus Miftah Jadi Utusan Presiden
Kemenkeu Tidak Lagi di Bawah Menko, Langsung Koordinasi ke Presiden
Ferrari F80, Supercar Edisi Terbatas Rp60 Miliar Resmi Mengaspal
Prabowo Lantik Luhut Jadi Penasihat Khusus Presiden
Daftar Kepala Badan, Utusan Hingga Penasihat Khusus Prabowo