Lebaran 2023, Puncak Arus Mudik Diprediksi 19 April

Arus balik diprediksi mulai 24 April.

Lebaran 2023, Puncak Arus Mudik Diprediksi 19 April
Dinas Perhubungan Provinsi Aceh menyiapkan 5.000 unit lebih kendaraan AKDP jenis mini bus untuk kebutuhan angkutan mudik Lebaran, Senin (3/4/2023). ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/tom
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Puncak arus mudik Lebaran 2023 diprediksi jatuh pada Rabu, 19 April. Ini berdasarkan perkiraan sejumlah institusi seperti PT Jasa Marga Persero Tbk dan Polri.

Jasa Marga memperkirakan lalu lintas kendaraan terutama pada tanggal tersebut akan cukup tinggi karena pemerintah memajukan cuti bersama Hari Raya Idulfitri 1444 H, dari semula 21–26 April menjadi 19–25 April. 

“Untuk puncak arus mudik diperkirakan pada H-3 Lebaran atau Rabu, 19 April 2023,” kata Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, dalam keterangan pers yang dikutip Antara.

Perusahaan jalan tol itu memperkirakan volume lalu lintas keluar Jabotabek pada H-7 sampai H+7 Lebaran 2023 melalui empat gerbang tol utama mencapai 2,78 juta kendaraan. Angka itu dikatakan naik 6,77 persen dari 2,6 juta kendaraan pada Idulfitri 2022.

Distribusi lalu lintas Lebaran tahun ini didominasi oleh kendaraan menuju arah timur/Trans Jawa sebesar 52 persen. Setelahnya, diikuti distribusi lalu lintas ke arah barat/Merak 7,8 persen, dan ke arah selatan atau Ciawi sebesar 20,2 persen.

Jasa Marga juga memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada H+2 Lebaran atau Selasa, 25 April.

Prediksi Polri

Volume kendaraan arus balik di Tol Trans Jawa Batang-Semarang dari arah Semarang (7/5) terpantau lancar. (ANTARAFOTO/Aji Styawan)

Sementara itu, Polri menyatakan telah melakukan survei arus lalu lintas saat mudik dan arus balik Lebaran 2023 bersama Kementerian Perhubungan dan pemangku kepentingan terkait, termasuk pengelola jalan tol.

Dilansir dari Antara, lembaga tersebut menaksir puncak arus mudik Idulfitri tahun ini terjadi pada 19–21 April.

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen. Pol Sandi Nugroho, menyatakan kepolisian telah menentukan beberapa titik penting yang berpotensi menjadi wilayah lonjakan mudik, seperti jalur tol Trans Jawa dan rest area Sumatera dan Jawa.

Titik penting lain yang menjadi perhatian Polri yakni jalur arteri di Jawa, serta lokasi wisata yang bisa mengalami lonjakan pengunjung. “Bila terjadi kemacetan, kami akan mengurai kemacetan dengan melakukan rekayasa lalu lintas, yakni contra-flow, one-way, dan juga ganjil genap,” katanya.

Polri memprediksi arus balik Ramadan terjadi pada dua periode, yakni pada 24–25 April, serta 29 April–1 Mei.

Jumlah pemudik

Penumpang angkutan udara yang didominasi para pemudik membawa barang setibanya di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Aceh Besar, Aceh, Jumat (29/4).ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/nym.

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, menyatakan pemerintah memprediksi jumlah pemudik Lebaran 2023 mencapai 123 juta orang. Menurutnya, angka tersebut meningkat dibandingkan dengan pemudik pada Idulfitri tahun sebelumnya yang mencapai 85 juta orang.

“Yang menjadi perhatian adalah jumlah pemudik yang diperkirakan mengalami kenaikan drastis,” katanya  seperti dikutip dari Antara.

Pemerintah sejauh ini belum menerbitkan surat edaran khusus berkenaan dengan protokol COVID-19 selama mudik, kata Muhadjir.

Namun, menurutnya, Kementerian Perhubungan, TNI, dan Polri telah melakukan pendataan secara berkala demi mengantisipasi pergerakan masyarakat.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

12 Tahun Dijual, Rumah Mewah Michael Jordan di Chicago Akhirnya Laku
Isak Tangis Sri Mulyani di Banggar DPR Usai Sepakati RUU APBN 2025
OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
Perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara IKN, Jangan Keliru
Alibaba Pertahankan Kepemilikan 88 Miliar Saham GoTo hingga 5 Tahun
Bunga Acuan Turun, BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh 12%