Diikuti 15 Ribu Pelari, BTN JAKIM Dongkrak Ekonomi Daerah

Bidik peserta 20 ribu di JAKIM 2025.

Diikuti 15 Ribu Pelari, BTN JAKIM Dongkrak Ekonomi Daerah
Diikuti 15 Ribu Pelari, BTN JAKIM Dongkrak Ekonomi Daerah/Dok BTN
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) sukses menggelar ajang BTN Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 pada Minggu, 23 Juni 2024. 

Ajang ini diikuti oleh setidaknya 15 ribu pelari yang terbagi dalam tiga kategori, yakni seribu orang untuk Marathon (42K), 4 ribu orang untuk Half Marathon (21K), dan sekitar 10.300 orang untuk 10K.

PJ Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono menyampaikan, acara lari ini telah memberikan sejumlah berdampak terhadap perekonomian daerah. 

“Manfaat ajang marathon bagi Jakarta adalah yang pertama, mempromosikan kota ini yang memiliki sports tourism yang baik, dan yang kedua adalah kebangkitan ekonomi serta UMKM yang berjalan dengan baik. Selain itu, dapat tercipta kebiasaan berolahraga yang rutin, sehingga kesehatan juga baik. Ajang ini harus dilanjutkan di Jakarta sebagai ikon DKI Jakarta,” kata Heru saat ditemui di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Minggu (23/6). 

Sementara itu, Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu menambahkan, perputaran ekonomi dari perhelatan olahraga internasional ini terlihat dari penuhnya okupansi hotel di Jakarta oleh para turis olahraga.

“Sebagai warga Jakarta, kita ingin Jakarta seperti kota-kota lain di dunia yang memiliki perhelatan lari internasional, serta menjadi kota yang bersih, tidak berpolusi, dan indeks kesehatan udaranya persis seperti kota-kota lain di dunia. Dengan begitu, warga Jakarta akan menjadi sehat,” ujar Nixon.

Bidik peserta 20 ribu di JAKIM 2025

Pelari JAKARTA INTERNATIONAL MARATHON saat di GBK untuk start/Dok BTN

Nixon berharap, BTN dapat melanjutkan dukungannya untuk ajang ini pada tahun 2025, sejalan dengan cita-cita menjadikan Jakarta sebagai kota sports tourism yang mendunia. 

“Pada tahun depan, kami berharap pesertanya bisa mencapai lebih dari 20 ribu orang, dan semakin lama akan semakin banyak. Seperti halnya di London Marathon dan New York Marathon yang pesertanya bisa mencapai lebih dari 50.000 orang, sehingga orang yang datang bisa sampai ratusan ribu dan menggerakkan ekonomi sepanjang satu hingga dua minggu,” jelas Nixon. 

Menurut Nixon, BTN JAKIM 2024 merupakan ajang bergengsi dan berkelas dunia, karena diakui oleh badan atletik dunia, yakni World Athletics, dengan predikat World Athletics Label Road Races. Hal ini merupakan bentuk dukungan BTN terhadap upaya Pemprov DKI Jakarta untuk mempromosikan Jakarta sebagai kota yang mendorong sports tourism atau pariwisata olahraga. 

Para peserta BTN JAKIM 2024 memperebutkan hadiah total sebesar Rp3 miliar, termasuk grand prize sebuah rumah untuk peserta yang berhasil memecahkan rekor marathon, khusus bagi Warga Negara Indonesia (WNI). Selain menyediakan wadah bagi UMKM untuk mempromosikan produk mereka pada ajang ini, Pemprov DKI juga mengadakan cheering seni kebudayaan untuk memberikan semangat kepada para peserta.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
The Fed Pangkas Suku Bunga 50 Bps, Sentimen Positif IHSG (19/9)
BREN Batal Masuk FTSE, Saham Prajogo Pangestu Kompak Merah
Transaksi Kripto Pulih, Ini Lokasi Peretas Indodax
Ini Strategi Atur Keuangan Hadapi Tekanan Ekonomi Agar Tak Turun Kelas
Program Prioritas Prabowo Rp121 Triliun Masuk APBN 2025