7 Desain Arsitektur Rumah Terpopuler Sepanjang Masa

Sesuaikan dengan kebutuhan dan selera Anda!

7 Desain Arsitektur Rumah Terpopuler Sepanjang Masa
ilustrasi desain arsitektur rumah terpopuler (unsplash.com/Sieuwert Otterloo)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Terdapat tujuh desain arsitektur rumah terpopuler yang bisa menjadi inspirasi untuk membangun hunian yang nyaman untuk Anda. Gaya arsitektur rumah telah mengalami perkembangan dari masa ke masa.

Setiap desain memiliki ciri khas dan keindahan tersendiri. Tentunya, desain yang dipilih harus sesuai dengan kebutuhan dan selera dari pemilik rumahnya.

Bagi Anda yang masih bingung, berikut daftar desain arsitektur rumah terpopuler yang bisa menjadi pilihan untuk Anda!

1. Desain arsitektur rumah minimalis

ilustrasi arsitektur rumah minimalis (unsplash.com/Frames For Your Heart)

Desain arsitektur rumah terpopuler pertama adalah gaya minimalis. Konsep ini pertama kali masuk dan mulai berkembang di Indonesia pada tahun 2000an.

Gaya minimalis ini sebenarnya berasal dari Jepang, mengusung konsep kesederhanaan. Konsepnya mementingkan aspek fungsional dibanding visual, sehingga terlihat lebih simpel tanpa tambahan desain yang berlebihan.

Desain ini sangat sesuai bagi Anda yang memiliki budget yang tidak terlalu besar untuk membangun rumah. Tertarik ingin menggunakan konsep ini?

2. Desain arsitektur rumah mediterania

ilustrasi arsitektur rumah mediterania (dok. houseplans)

Gaya arsitektur lainnya yang banyak digunakan yaitu mediterania. Desain ini sangat cocok untuk hunian di wilayah tropis atau yang terpapar sinar matahari sepanjang tahun.

Konsep ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1918 dan mulai populer di tahun 1940 hingga sekarang. Ciri khas dari mode ini, antara lain menggunakan batu alam sebagai pilar rumah, didominasi ornamen lengkungan, serta menggunakan ubin bercorak.

3. Desain arsitektur rumah american classic

ilustrasi rumah american classic (dok. 7designarchitects)

Desain arsitektur rumah terpopuler yang banyak diminati adalah gaya American classic. Model rumah ini memiliki tampilan yang lebih elegan dan mewah.

American classic kerap menggunakan warna natural dan lembut. Selain itu, gaya ini memilik ciri khas jendela dan pintu yang besar sebagai jalan cahaya masuk ke rumah. 

4. Desain arsitektur rumah model tropis

ilustrasi rumah model tropis (architizer.com/Joe Fletcher Photography)

Desain arsitektur rumah model tropis menjadi model terfavorit hingga satu ini. Gaya rumah ini memiliki ciri khas dengan banyak tanaman, sehingga rumah akan tampak lebih teduh dan nyaman.

Selain itu, rumah model tropis biasanya menggunakan jendela dan pintu dengan model geser. Hal ini bertujuan untuk membuat udara dapat mengalir secara sempurna ke dalam rumah. Desain seperti ini cocok bagi keluarga yang menghabiskan banyak waktu di rumah.

5. Desain arsitektur rumah model kolonial belanda

ilustrasi arsitektur rumah model kolonial belanda (wikipedia.org/CLK Hatcher)

Desain arsitektur rumah terbaik selanjutnya adalah menggunakan konsep model kolonial Belanda. Rumah dengan model yang satu ini memiliki arsitektur yang khas dan unik. 

Rumah dengan gaya ini memiliki plafon yang sangat tinggi dengan jendela yang besar. Selain itu, terdapat pula pilar-pilar besar yang menyambung Anda di pintu utama. 

6. Desain arsitektur rumah victorian

ilustrasi arsitektur rumah victorian (architecturaldigest.com/Douglas Friedman)

Gaya arsitektur rumah Victorian ini memiliki ciri khas dengan bangunan yang asimetris dan dipadukan dengan dekorasi antik dengan warna-warna cerah. 

Untuk bagian dalam rumahnya juga diisi dengan ornamen mewah. Terdapat pahatan dan ukiran yang membuat penampilannya menjadi elegan. Tertarik ingin mencoba gaya rumah asal Italia ini?

7. Desain arsitektur rumah modern

ilustrasi arsitektur rumah modern (dok. architecturaldesigns)

Desain arsitektur rumah terpopuler selanjutnya adalah bergaya modern. Menggunakan konsep dengan atap datar dan rendah, serte jendela besar horizontal.

Akan tetapi, material yang digunakan untuk membuat model yang satu ini tergolong mahal dan memiliki kualitas tinggi, seperti panel kayu, marmer, batu, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga harus memperbanyak dekorasi lampu dengan warna hangat.

Itulah tadi sejumlah arsitektur rumah terpopuler yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda. semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda, ya!

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

35 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2024, Penuh Makna!
Meninjau Valuasi Spin-Off Anak Usaha Adaro dan Dampaknya
Adhi Karya Digugat PKPU Gara-Gara Proyek Hambalang
Apakah Uang Rp100 Ribu Bisa investasi? Ini Pilihannya
Mobil BYD Mulai Banyak Terlihat di Jalan, Ini Data Impornya
Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN