7 Rekomendasi Wisata Religi di Indonesia, Menyimpan Sejarah!

Rasakan pengalaman spiritual

7 Rekomendasi Wisata Religi di Indonesia, Menyimpan Sejarah!
ilustrasi wisata religi di Indonesia (googlemaps.com/sita andayani)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Ada berbagai macam tempat wisata di Indonesia yang bisa Anda kunjungi, mulai dari wisata budaya, alam, budaya, hingga religi.

Wisata religi bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda untuk mendapatkan pengalaman spiritual. Anda tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk menikmatinya karena ada banyak wisata religi untuk agama yang berbeda-beda di tanah air.

Bagi Anda yang tertarik, berikut ini 7 rekomendasi wisata religi di Indonesia. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Klenteng Sam Po Kong

ilustrasi Klenteng Sam Po Kong (googlemaps.com/Arzaq Prabantoro)

Rekomendasi wisata religi pertama adalah Klenteng Sam Po Kong. bangunan ini merupakan jejak perjalanan dari Laksamana Cheng Ho, penjelajah terkenal asal China yang berlayar hingga sampai ke Indonesia.

Bangunan bersejarah yang didominasi warna merah tersebut terletak di kota Semarang, Jawa Tengah. Saat perayaan hari besar etnis China, Anda bisa menikmati sejumlah atraksi dan hiburan dari anggota Klenteng Sam Po Kong.

2. Patung Yesus Toraja

ilustrasi Patung Yesus Toraja (googlemaps.com/Adhiari Subekti)

Jika di Rio de Janeiro, Brazil memiliki patung Yesus yang besar, Anda patut berbangga hati karena Indonesia juga memilikinya. Patung tersebut terletak di area perbukitan di kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Patung tersebut menjadi simbol agama Kristen dan Katolik di lingkungan masyarakat setempat. Patung ini memiliki nama resmi sendiri, yaitu Patung Yesus Memberkati.

3. Masjid Baiturrahman

ilustrasi Masjid Baiturrahman (googlemaps.com/Abu Zaen Faqih)

Rekomendasi wisata religi lainnya adalah Masjid Baiturrahman. Masjid ini menyimpan banyak sejarah, khususnya pada saat terjadi tsunami di Aceh tahun 2004. Saat bangunan lainnya hancur terbawa arus, hanya Masjid Baiturrahman yang tetap berdiri kokoh.

Masjid ini dibangun di masa kesultanan Aceh. Meski sempat dihancurkan oleh Belanda, tetapi bisa dibangun kembali di tahun 1879 sampai 1881.

4. Maha Vihara Mojopahit

ilustrasi Maha Vihara Mojopahit (googlemaps.com/Khamadevi79 79)

Bagi Anda yang berada di Mojokerto, Jawa Timur, jangan lupa untuk mampir ke Maha Vihara Mojopahit. Tidak seperti vihara pada umumnya, Maha Vihara Mojopahit memiliki arsitektur dengan khas Jawa.

Bangunan ini memiliki luas hingga 20 ribu meter persegi. Selain itu, Anda juga dapat melihat Patung Budha Tidur yang besar di wilayah tersebut.

5. Pura Tanah Lot

ilustrasi Pura Tanah Lot (googlemaps.com/Mike Eng)

Rekomendasi wisata religi di Indonesia adalah Pura Tanah Lot yang berlokasi di Kabupaten Tabanan, Bali. Pura Tanah Lot merupakan tempat ibadah umat agama Hindu dan acara keagamanan lainnya.

Lokasi wisata religi ini terletak di pesisir pantai dan banyak didatangi oleh wisatawan. Anda juga dapat menyaksikan pemandangan matahari tenggelam dari pura.

6. Masjid Agung Demak

ilustrasi Masjid Agung Demak (googlemaps.com/Haliya Channel)

Bagi Anda umat muslim pasti sudah tidak asing lagi dengan Masjid Agung Demak. Bangungn yang terletak di kota Demak, Jawa Tengah ini merupakan peninggalan sejarah kerajaan.

Masjid Agung Demak dibangun oleh Wali Songo saat melakukan dakwah di pulau Jawa. Hal yang unik dari bangunan ini adalah memiliki atap dengan bentuk tiga limasan berbahan kayu.

7. Pura Agung Giri Natha

ilustrasi Pura Agung Giri Natha (googlemaps.com/Arie Lendra Putra)

Wisata religi di Indonesia lainnya adalah Pura Agung Giri Natha yang terletak di kota Semarang, Jawa Tengah. Bangunan ini menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi wisatawan. Anda bisa menikmati kesenian dan membeli souvenir di dalamnya.

Itulah tadi rekomendasi wisata religi di Indonesia yang harus dikunjungi. Anda tertarik untuk mengunjungi wisata religi yang mana?

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

35 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2024, Penuh Makna!
Meninjau Valuasi Spin-Off Anak Usaha Adaro dan Dampaknya
Adhi Karya Digugat PKPU Gara-Gara Proyek Hambalang
Apakah Uang Rp100 Ribu Bisa investasi? Ini Pilihannya
Mobil BYD Mulai Banyak Terlihat di Jalan, Ini Data Impornya
Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN