Sektor Laut Melimpah, Ini Daerah Penghasil Ikan Terbesar di Indonesia

Potensi perikanan di Indonesia besar, dari berbagai wilayah.

Sektor Laut Melimpah, Ini Daerah Penghasil Ikan Terbesar di Indonesia
ILUSTRASI PERIKANAN INDONESIA (FREEPIK)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Indonesia, dengan luas wilayah perairan yang lebih besar daripada daratannya, memiliki potensi perikanan yang yang luar biasa.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki kekayaan sumber daya laut yang melimpah, termasuk berbagai jenis ikan yang menjadi sumber pangan utama bagi masyarakat.

Potensi perikanan ini juga memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian negara melalui ekspor ikan dan produk olahan laut lainnya.

Berikut ini merupakan daerah penghasil ikan terbesar di Indonesia

1. Cilacap

Terletak di pesisir selatan Pulau Jawa,sekitar 225 km². Wilayah ini dikenal sebagai salah satu penghasil ikan terbesar, Cilacap diperkirakan mencapai rata-rata 72.000 ton per tahunnya.

Jenis ikan yang dihasilkan terutama ikan tongkol, kembung, cakalang dan cumi-cumi. Perekonomian daerah ini banyak bergantung pada sektor perikanan, baik dari hasil tangkapan laut maupun budidaya.

2. Tegal

Tegal terletak di kota pesisir di Jawa Tengah sepanjang sekitar 35 km². Daerah ini memiliki armada kapal penangkap ikan yang besar, daerah ini setahunnya bisa menangkap sekitar 1400 ribu ton.

Banyak hasil ikan segar yang didapatkan, seperti ikan tongkol dan bandeng,  ikan udang, siro, layang, cumi, bawal, dan kembung. Hasil perikanan dari Tegal sering diekspor ke berbagai negara.

3. Banyuwangi

Banyuwangi terletak di ujung timur Pulau Jawa.Wilayah ini memiliki potensi perikanan yang tinggi, Banyuwangi menghasilkan sekitar 20.000 ton per tahunnya. Terutama ikan lemuru dan ikan dasar atau ikan demersal dan berbagai jenis ikan lainnya. Banyuwangi dikenal sebagai sentral industri pengolahan ikan.

4. Lamongan

Lamongan adalah daerah di Jawa Timur yang terkenal dengan industri perikanannya.Daerah ini menghasilkan 80.000 ton dengan nilai produksi mencapai Rp1.188.671.626.220. 

Lamongan memiliki wilayah pesisir sepanjang sekitar 47 km². Berbagai jenis ikan di Lamongan, seperti ikan bandeng, patin, dan lele. Lamongan juga dikenal sebagai pusat budidaya udang.

5. Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan adalah salah satu daerah dengan potensi perikanan terbesar di Indonesia.Ikan tuna adalah beberapa jenis ikan yang sering ditangkap di daerah ini.

Perikanan merupakan salah satu sektor utama dalam perekonomian Sulawesi Selatan. Hasil tangkapan yang didapatkan nelayan per harinya bahkan bisa mencapai 11 ton. 

6. Sulawesi Tengah

Sulawesi Tengah memiliki wilayah pesisir yang luas sekitar 4.000 km². Kaya akan sumber daya laut seperti Ikan tongkol, tuna, dan cakalang serta ikan pelagis kecil seperti lembang, teri, selar, layang, dan kembung. Daerah ini juga dikenal sebagai pusat budidaya perikanan air tawar.

7. Maluku Utara

Maluku Utara dikenal sebagai pusat perikanan di wilayah Indonesia timur. Daerah ini terkenal dengan hasil tangkapan ikan cakalang, tuna, dan tongkol. 

Maluku Utara menghasilkan sekitar 180.000 ton ikan per tahun. Sektor perikanan menjadi sumber mata pencaharian utama bagi masyarakat setempat.

8. Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Timur memiliki potensi perikanan yang besar, terutama ikan kerapu, tuna, dan tongkol. Wilayah ini juga memiliki banyak pulau kecil yang menjadi basis nelayan dalam menangkap ikan. Selain perikanan tangkap, Nusa Tenggara Timur juga dikenal dengan budidaya rumput laut.

Potensi perikanan Indonesia sangat besar dan mencakup berbagai daerah di seluruh nusantara. Wilayah perairan yang luas dan sumber daya ikan yang melimpah memberikan peluang ekonomi bagi masyarakat pesisir dan negara secara keseluruhan.

Meningkatkan produktivitas dan keberlanjutan sektor perikanan di Indonesia memerlukan kerja sama berbagai pihak, termasuk pemerintah, industri, dan masyarakat setempat. 

Dukungan dalam bentuk kebijakan, teknologi, dan pendidikan akan membantu memaksimalkan potensi perikanan dan memastikan kesejahteraan bagi para nelayan dan pelaku usaha perikanan di seluruh negeri.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

GoPay Respons Menkominfo Disebut Fasilitasi Judi Online hingga Rp89 M
Bukan Cuma Temu, Pemerintah juga Akan Blokir Aplikasi Cina Shein
Bot Optimus Tesla Curi Perhatian, Meski AI-nya Hanya "Ilusi"
Kurs SGD ke Rupiah Hari Ini, 14 Oktober 2024
Utang Luar Negeri Indonesia Naik 7,3% Menjadi Rp6.623 Triliun
Pahami Apa Itu Saham LQ45 dan Daftar Terbaru di 2024