NEWS

PHK di RI Meningkat pada Semester I-2024, Jakarta Naik Hampir 1.000%

Banyak perusahaan teknologi yang melakukan PHK.

PHK di RI Meningkat pada Semester I-2024, Jakarta Naik Hampir 1.000%Ilustrasi PHK. (Pixabay/Rosy-Bad Homburg-Germany)
02 August 2024

Jakarta, FORTUNE – Data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menunjukkan bahwa Jakarta menjadi provinsi dengan jumlah tenaga kerja terbanyak yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada semester I-2024. Di kota ini, sebanyak 7.469 orang dipecat atau naik 993,56 persen dari catatan semester I-2023.

Salah satu sektor yang berkontribusi pada badai PHK di Jakarta adalah perusahaan teknologi, seperti Tiktok Shop yang baru bergabung dengan Tokopedia, dengan 450 orang yang kena PHK dari sekitar 5.000 karyawannya.

Direktur Corporate Affairs Tokopedia dan ShopTokopedia, Nuraini Razak, menyatakan bahwa kebijakan PHK ini diperlukan untuk mendukung strategi pertumbuhan dari perusahaan e-commerce TikTok Shop, yang merupakan anak usaha ByteDance tersebut.

"Kami harus melakukan penyesuaian yang diperlukan pada struktur organisasi bagian dari strategi perusahaan agar dapat terus tumbuh," katanya (14/6).

Selain itu, perusahaan payment gateway, Xendit, juga dikabarkan memangkas sejumlah karyawannya pada awal 2024 dengan alasan penyeimbangan organisasi untuk memaksimalkan ketahanan jangka panjang perusahaan.

Meski tak memerinci jumlah pastinya, namun Managing Director Xendit Indonesia, Mikiko Steven, mengatakan efisiensi tim diperlukan untuk menyelaraskan sumber daya perusahaan dengan strategi bisnis.

"Kami berterima kasih kepada semua anggota tim kami atas kontribusi mereka terhadap kesuksesan dan pertumbuhan kami sepanjang perjalanan kami," ujarnya (22/1).

PHK Lainnya

hak pekerja bila di-PHK
ilustrasi pekerja kena PHK (pexels/Antoni Shkraba production)

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.