NEWS

Intip Gaji Tukang Parkir Pesawat atau Marshaller, Segini Kisarannya

Profesi yang cukup menantang

Intip Gaji Tukang Parkir Pesawat atau Marshaller, Segini Kisarannyailustrasi tukang parkir pesawat (wikimedia commons/monaam ben fredj)
22 May 2024

Selain pilot dan pramugari, ada satu profesi unik yang ada di bandar udara. Tukang parkir pesawat atau marshaller menjadi salah satu profesi yang kerap terlihat ketika pesawat tiba di bandara.

Tugasnya mengarahkan pesawat agar berhenti dan parkir dengan sempurna. Pada dasarnya, marshaller merupakan posisi penting dalam memastikan lalu lintas pesawat berjalan dengan lancar.

Mengingat tugasnya yang krusial, Gaji Tukang Parkir Pesawat ternyata cukup menggiurkan. Ingin tahun kisaran gaji yang bisa diterimanya? Simak besaran gaji serta tugas seorang marshaller di bawah ini.

Gaji tukang parkir pesawat

Meskipun dikenal sebagai tukang parkir, marshaller bukanlah suatu profesi yang bisa disepelekan. Bertanggung jawab dalam lalu lintas pesawat di bandara, seorang marshaller harus mempunyai keahlian khusus.

Terlebih tugasnya dalam memastikan pesawat berada di posisi yang sempurna sehingga seluruh awak dan penumpang bisa turun dengan aman ketika mendarat.

Secara umum, rata-rata gaji tukang parkir pesawat berada di kisaran angka 21 dolar AS per jam atau setara dengan Rp300 ribu.

Dilansir Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan, di Indonesia, seorang marshaller bisa mendapatkan gaji sekitar Rp4 juta sampai Rp7 juta per bulan. Jika dihitung dalam jangka per tahun, gaji yang bisa didapatkan sekitar Rp48 juta sampai Rp84 juta.

Kendati demikian, kisaran gaji tersebut bisa berbeda-beda. Pasalnya, ada banyak faktor yang memengaruhi besaran gajinya, mulai dari pengalaman kerja, perusahaan maskapai, lokasi bandara, hingga jam kerja setiap harinya.

Gaji tukang parkir pesawat tertinggi

Dibandingkan Indonesia, sejumlah negara maju menawarkan gaji yang cukup tinggi bagi marshaller. Dilansir ziprecruiter.com, gaji tertinggi tukang parkir pesawat bisa mencapai 42,550 dolar AS per jam. Untuk gaji terendah, berada di kisaran angka 13,700 dolar AS per jam di Amerika Serikat.

Namun, kebanyakan gaji marshaller sekitar 26.060 dolar AS per jam di Amerika Serikat per 14 Mei 2024.

Beberapa wilayah yang berada di Amerika Serikat ternyata menawarkan gaji di atas rata-rata, mulai dari San Francisco, San Jose, Oakland, Hayward, dan Ashland.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.