NEWS

Apa Pentingnya Kuliah Setelah Lulus Sekolah? Ini Alasannya

Berguna bagi perkembangan diri

Apa Pentingnya Kuliah Setelah Lulus Sekolah? Ini Alasannyailustrasi berkuliah (unsplash/kenny eliason)
22 May 2024

Setelah menyelesaikan studi sekolah, biasanya seseorang akan dihadapkan pilihan akan langsung bekerja atau berKuliah. Tidak sedikit yang memilih untuk bekerja karena dianggap lebih menawarkan keuntungan yang pasti.

Kenyataannya kuliah menawarkan beberapa manfaat jangka panjang yang bisa didapatkan seorang mahasiswa. Salah satunya dapat membuka peluang karier yang lebih baik. 

Sebenarnya, apa pentingnya kuliah? Berikut beberapa alasan penting mengapa kuliah penting bagi lulusan sekolah.

1. Memperdalam wawasan

Di perguruan tinggi, tentu Anda mendapatkan pengalaman akademik yang berguna untuk memperdalam wawasan dan mengetahui secara lebih baik.

Ketika bersekolah, materi yang diajarkan bersifat umum atau mendasar. Berbeda di bangku sekolah, topik dan materi yang dipelajari selama berkuliah jauh lebih spesifik. Pembahasannya juga lebih komprehensif karena dibahas satu per satu.

Dengan begitu, Anda bisa memperoleh pengalaman akademik yang jauh lebih baik daripada sekolah. Terutama bagi Anda yang tertarik untuk mempelajari suatu bidang keilmuan lebih dalam. 

Kuliah menjadi pilihan yang tepat untuk dipilih bagi Anda yang ingin memperluas ilmu pengetahuan. Hal tersebut juga nantinya akan membantu Anda dalam mencari pekerjaan dengan keahlian spesifik di bidang tertentu.

2. Membuka peluang karier lebih banyak

Setelah lulus sekolah, seseorang bisa saja memutuskan untuk langsung bekerja. Lowongan lulusan SMA atau deretan juga dibuka. Meskipun begitu, peluang kerjanya jauh lebih sedikit daripada lulusan perguruan tinggi.

Ketika melamar pekerjaan, sebagian besar kualifikasi yang diminta minimal lulusan S1 atau D3. Pasalnya, perusahan besar hingga instansi pemerintah akan lebih memilih kandidat yang memiliki latar belakang pendidikan yang lebih tinggi. 

Artinya, berkuliah sangat membuka peluang karier lebih banyak dan luas. Tidak jarang, gelar sarjana yang sudah diperoleh biasanya memberikan jaminan kerja dan penghasilan lebih baik.

Alasan pentingnya kuliah satu ini yang menjadi pertimbangan terbesar seseorang memilih berkuliah setelah lulus demi mendapatkan peluang karier lebih luas.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.