NEWS

Pengusaha Ritel Keberatan Rencana Pemindahan Pintu Masuk Barang Impor

Pengusaha nilai wacana ini akan ganggu daya beli masyarakat.

Pengusaha Ritel Keberatan Rencana Pemindahan Pintu Masuk Barang ImporBrand fesyen asal AS, Dockers hadir di outlet Sogo Indonesia (dok. Ekarina)
06 September 2024

Fortune Recap

  • Hippindo keberatan dengan rencana pemerintah pindahkan impor 7 komoditas ke Indonesia Timur
  • Ketua Umum Hippindo: Pemindahan lokasi impor bisa memperberat industri dan ritel nasional
  • Biaya operasional yang tinggi akan berdampak pada kenaikan harga barang di pasar, menghambat program Belanja di Indonesia Aja (BINA)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) menyatakan keberatan terhadap rencana pemerintah untuk memindahkan kegiatan Impor tujuh komoditas ke wilayah Indonesia timur.

Ketua Umum Hippindo, Budihardjo Iduansjah, menyatakan bahwa pemindahan lokasi impor ini justru berpotensi memperberat industri dan ritel nasional, karena infrastruktur di wilayah tersebut menurutnya belum memadai jika dibandingkan dengan kawasan Indonesia bagian barat, terutama dalam urusan transportasi dan logistik.

“Selain itu, biaya operasional yang tinggi, termasuk transportasi dan distribusi, akan berdampak pada kenaikan harga barang di pasar,” kata dia dalam keterangannya, Kamis (6/9).

Kenaikan harga tersebut, kata dia, akan berdampak langsung pada daya beli masyarakat, yang pada akhirnya dapat menghambat program Belanja di Indonesia Aja (BINA), sebuah inisiatif bersama antara Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan HIPPINDO. Program ini, yang saat ini tengah diupayakan oleh pemerintah dan sektor swasta, bertujuan untuk mendorong belanja di dalam negeri.

Saran Hippindo kepada pemerintah

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.