NEWS

Kisruh Kursi Kepemimpinan Kadin, Begini Kronologinya

Munaslub diajukan Pengurus Kadin daerah dan ALB Kadin.

Kisruh Kursi Kepemimpinan Kadin, Begini KronologinyaKetua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid (tengah) menyampaikan keterangan kepada wartawan terkait Munaslub di Jakarta, Minggu (15/9/2024). ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
17 September 2024

Fortune Recap

  • Anindya Bakrie ditunjuk sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia 2024 menggantikan Arsjad Rasjid.
  • Munaslub di Hotel St Regis Jakarta diinisiasi untuk menjaga netralitas dan konsistensi Kadin sebagai mitra strategis pemerintah.
  • Anindya menyatakan siap menerima amanah dari pemilik Kadin, yaitu Kadinda dan ALB, untuk memimpin organisasi dengan baik.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) KADIN Indonesia 2024 pada Sabtu (14/9) menyepakati penunjukan Anindya Bakrie sebagai Ketua Umum menggantikan Arsjad Rasjid.

Munaslub yang digelar di Hotel St Regis Jakarta tersebut diklaim diinisiasi Dewan Pertimbangan dan sejumlah pengurus Kadin Indonesia yang menginginkan organisasi tersebut tetap netral.

"Saya hadir dalam Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Kadin 2024 yang merupakan aspirasi dari Kadin Provinsi (Kadinda) serta Asosiasi/Himpunan (ALB) dalam merespons dinamika organisasi. Mereka menginginkan Kadin tetap netral dan konsisten sebagai mitra strategis pemerintah," ujar Anin dalam unggahannya pada akun instagram pribadinya, dikutip Selasa (17/9).

"Dalam Munaslub ini, Kadinda dan ALB mempercayakan saya untuk menjabat sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2024-2029," ujarnya.

Anindya juga mengatakan sebagai seseorang yang telah berkecimpung di Kadin selama 25 tahun, dia memahami bahwa Kadinda dan ALB adalah pemilik Kadin yang sesungguhnya. Karena itu, ia bersikukuh bahwa amanah yang diberikan oleh "pemegang saham" dalam Munaslub tersebut harus diterima dan dijalankan dengan sebaik-baiknya.

"Dinamika organisasi adalah hal yang biasa, dan saya yakin setiap permasalahan pasti ada solusinya. Seperti pada tahun 2021, meskipun saat itu saya berada dalam posisi yang baik, saya legowo demi kebaikan bersama," katanya.

Dinilai ilegal oleh kubu Arsjad

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.