NEWS

Profil Dody Hanggodo, Menteri Pekerjaan Umum Pilihan Prabowo

Ayah politikus Gerindra, Aushaf Fajr.

Profil Dody Hanggodo, Menteri Pekerjaan Umum Pilihan PrabowoMenteri Pekerjaan Umum Dody Hanggodo (kanan) bersama Presiden Prabowo Subianto. (Doc: Instagram Dodyhanggodo)
21 October 2024

Fortune Recap

  • Dody merupakan sosok bisnis yang tidak banyak dikenal publik.
  • Perusahaan tersebut bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit dan industri minyak kelapa sawit (CPO) serta CPKO.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Presiden Prabowo Subianto melantik Dody Hanggodo sebagai Menteri Pekerjaan Umum dalam Kabinet Merah Putih. Di kementerian tersebut, Dody didampingi oleh Kusumastuti, yang dilantik sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum.

Pengangkatan Dody sebagai Menteri Pekerjaan Umum menarik perhatian. Pasalnya, ia menduduki jabatan strategis yang sebelumnya diemban oleh Basuki Hadimuljono. Sementara Dody sendiri belum banyak dikenal masyarakat luas karena tidak pernah mengemban jabatan di pemerintahan.

Hal tersebut juga diakui Dody dalam postingan akun resmi Instagram, @dodyhanggodo, hari ini.

"Terima kasih masukan teman-teman, terutama rekan media, yang sepertinya kesulitan mencari nama saya di media sosial. Maklum, saya kurang kekinian kalau untuk sosmed," demikian Dody dalam unggahannya.

Meski belum banyak dikenal luas, Dody merupakan sosok yang cukup lama berkecimpung di dunia bisnis. Salah satu jabatan yang dia emban adalah Komisaris PT Senabangun Anekapertiwi.

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan 2020, Hanggodo bekerja bersama Jusuf Manggabarani, yang menjabat sebagai komisaris utama, dan Indra Irwan yang duduk di posisi direktur.

Perusahaan ini bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit dan industri minyak kelapa sawit (CPO) serta minyak inti kelapa sawit (CPKO), dengan kepemilikan lahan perkebunan kelapa sawit seluas 16.404 hektare. Berdasarkan laporan tersebut, perusahaan telah memperoleh HGU untuk jangka waktu 35 tahun sampai 2033 dengan opsi perpanjangan.

Selain perkebunannya sendiri, perusahaan juga melakukan penanaman pada perkebunan plasma.

"Perusahaan mengelola perkebunan tersebut atas nama petani plasma dan mendistribusikan keuntungan kepada petani plasma sesuai skema yang telah disepakati," demikian kutipan informasi perusahaan dalam dokumen laporan keuangannya pada 2020.

Perusahaan ini kemudian melakukan merger dengan PT Pradiksi Gunatama (PGUN) pada Desember 2022. Dody pernah menjadi komisaris di situ pada 2017–2018.

PT Pradiksi Gunatama Tbk adalah perusahaan yang dimiliki oleh PT Araya Agro Lestari dan PT Citra Agro Raya yang terafiliasi dengan putra dan putri pengusaha ternama asal Kalimantan, Samsudin Andi Arsyad alias Haji Isam.

Di luar itu, alumni Kolese De Britto Yogyakarta pada 1984 ini pernah menjabat sebagai General Manager di PT Fajrindo Bahari Utama, perusahaan di Surabaya yang bergerak dalam bidang pelayaran dan jasa pengiriman barang ekspor-impor.

Dody adalah ayah Aushaf Fajr, politikus Partai Gerindra yang kini maju sebagai calon Bupati Nganjuk dan pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Pangan dan Agrobisnis Kamar Dagang dan Industri Indonesia Kabupaten Nganjuk.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.