NEWS

7 Kota Suhu Terdingin di Indonesia, Capai 9 Derajat Celcius!

Memiliki udara yang sejuk.

7 Kota Suhu Terdingin di Indonesia, Capai 9 Derajat Celcius!ilustrasi kota suhu terdingin di Indonesia (unsplash.com/Aldri Suganda)
03 May 2023

Salah satu negara yang tidak memiliki musim dingin atau beriklim tropis adalah Indonesia. Oleh sebab itu, cuaca di Indonesia cenderung panas bila dibandingkan dengan negara dengan iklim sub tropis maupun dingin.

Meski begitu, terdapat kota suhu terdingin di Indonesia yang memiliki cuaca yang cenderung sejuk. Hal ini karena wilayah tersebut berada di ketinggian dan tertutup oleh vegetasi.

Berikut ini 7 kota suhu terdingin di Indonesia yang bisa Anda kunjungi. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Mamasa - Sulawesi Barat

Kota suhu terdingin di Indonesia adalah kabupaten Mamasa yang terletak di Provinsi Sulawesi Barat. Daerah ini termasuk daerah terdingin di Indonesia karena terletak di ketinggian 1.900 mdpl (meter di atas permukaan laut).

Selain sejuk, pemandangan di wilayah ini juga sangat indah karena terhampar tanaman hijau. Terdapat juga daera agrowsiata dan perkampungan tradisional yang bisa Anda kunjungi.

2. Kota Mulia - Papua

Kota lainnya yang memiliki suhu yang dingin dibandingkan dengan daerah lainnya adalah Kota Mulia yang berlokasi di Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua. Kota ini berada di ketinggian 2.448 mdpl dan memiliki luas 883 km2.

Saking dinginnya, suhu udara di kota ini bisa mencapai 9 derajat celcius di malam hari. Bahkan, Kota Mulia pernah mencapai titik beku. Hal ini karena lokasinya yang berdekatan dengan pegunungan Jaya Wijaya.

Kota ini menjadi satu-satunya daerah yang berpenghuni di pegunungan Jaya Wijaya. Total penduduk di wilayah ini yaitu 24.649 jiwa.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.