5 Jenis Kurma Termahal Sepanjang Sejarah dan Harganya

Jenis, bentuk, dan ukuran kurma menentukan kualitasnya.

5 Jenis Kurma Termahal Sepanjang Sejarah dan Harganya
Ilustrasi buah kurma/Pixabay
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Buah Kurma (Phoenix dactylifera) adalah buah yang paling identik dengan bulan Ramadan. Pasalnya, buah yang rasanya legit ini kerap disajikan selama bulan puasa. Di masjid-masjid, tiga kurma biasa dimasukkan ke dalam plastik, disertakan satu kudapan lainnya untuk mengembalikan energi yang hampir habis setelah seharian puasa.

Dilansir dari Medical News Today, Jumat (8/4), kurma memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Di dalamnya mengandung protein, serat, vitamin B6, serta zat besi, zinc, kalium, kalsium, dan magnesium. Kurma juga mengandung antioksidan, bermanfaat melancarkan pencernaan, meningkatkan kesehatan otak, dan sebagainya.

Di minimarket atau toko terdekat, kurma diletakkan di bagian paling depan dengan berbagai varian. Sedangkan, di hari-hari biasanya, kurma hampir tak pernah tampak, kecuali di toko khusus yang menjual kurma atau toko oleh-oleh Arab Saudi. 

Kurma yang dikonsumsi orang Indonesia umumnya berasal dari Mekah, Madinah, Iran, Irak, dan negara Timur Tengah lainnya. Selain dari daerah asal, harga kurma juga bervariasi bergantung dari jenis, bentuk, dan ukurannya.

Abu Dhabi Food Control Authority (ADFCA) pada 2017 menyebutkan bahwa jenis, bentuk, dan ukuran kurma turut menentukan kualitas dan harga kurma itu sendiri. 

Beberapa varietas kurma kualitas tinggi jumlahnya bahkan terbatas di pasaran. Mahalnya harga kurma karena penumbuhan bibit hingga berbuah memerlukan kondisi spesifik tertentu, merujuk Gulf News.

Pejabat Direktur Penelitian Pertanian Saudi Abdullah Al Mousa, menyebut ada 5 jenis kurma termahal sepanjang sejarah yang dibudidayakan oleh pemerintah Uni Emirat Arab.

1. Barhi

Kurma Barhi. Dok. Instagram/datesbydavall

Jenis kurma Barhi memiliki warna yang berbeda dengan kurma lainnya, yakni kuning dengan bentuk bulat seperti buah duku atau langsat. Tekstur kurma Barhi renyah dan manis seperti karamel saat dimakan.

Kurma Barhi kaya akan kandungan serat, zat besi, kalium, vitamin B, dan antioksidan. Meski dibudidayakan di Arab Saudi. Akan tetapi, kurma terbaik untuk jenis ini berada di Basra, Irak.

Banyak orang menggemari kurma Barhi karena cita rasanya yang tidak rasa manis dan pekat seperti kurma pada umumnya. Uniknya, kurma Barhi dikemas dengan cara berbeda dengan kurma lainnya. Kurma Barhi dijual lengkap dengan batangnya.

Merujuk Life in Saudi Arabia, pada pasar dunia kurma Bahri dijual dengan harga mencapai 50 Riyal atau setara Rp193.637 per kilogram.

2. Ajwa

Ilustrasi Kurma Ajwa Terbaik/Tradeling

Kurma Ajwa adalah jenis terbaik dari semua varietas kurma. Kurma Ajwa memiliki warna cokelat tua kehitaman dengan rasa manis dan tekstur yang lembut saat digigit.

Kurma Ajwa bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, tulang dan gigi, serta baik bagi penderita diabetes, imun tubuh, dan wanita hamil.

Mengonsumsi kurma Ajwa 2 hingga 3 biji setiap pagi dan di sela waktu makan diyakini merupakan waktu yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Harga jual kurma Ajwa di dunia mencapai 100 Riyal atau setara Rp387.275 per kilogram untuk kualitas terbaiknya.

3. Amber

Ilustrasi Kurma Amber/kurma-dates.com

Sekilas bentuk Kurma Amber mirip dengan Ajwa. Namun, kurma Amber bentuknya lebih lonjong dan berwarna lebih terang dengan gurat pada kulit buah yang jelas.

Jika dibelah, tampak biji kurma Amber lebih kecil dan daging buahnya lebih tebal dan kering, Kurma Amber tinggi akan protein, mineral, serat yang baik bagi kesehatan.

Sebagai salah satu jenis kurma termahal sepanjang sejarah, kurma Amber di pasaran dunia dihargai 100 Riyal per kilogram atau setara Rp387.275 untuk kualitas terbaiknya.

4. Sukkari

Kurma Sukkari/Dok. ilovelife.co.id

Nama sukkari berasal dari kata 'sukkur' yang dalam bahasa Arab berarti gula. Kurma ini berbentuk bulat dengan warna kuning keemasan. Daging buahnya yang tebal dengan tekstur renyah dan rasanya yang manis, membuat kurma Sukkari populer dijadikan sebagai makanan penutup.

Tak hanya itu, banyak orang suka memakannya langsung atau dijadikan isian roti, topping sereal, campuran minuman atau dibuat jus oleh masyarakat Arab.

Kurma sukkari dijual sekitar 70–80 Riyal atau setara Rp309.820 per kilogramnya untuk kualitas premium.

5. Mejdool

Kurma Medjool/Dok. ilovelife.co.id

Julukan "Ratu Kurma" melekat pada kurma Mejdool. Sebab ukurannya besar dengan rasa manis yang cukup kuat, tapi bertekstur lembut. Kurma Medjool merupakan jenis kurma yang sering disantap sebagai makanan sehat.

Jenis kurma ini tinggi kalsium dan zat besi, sehingga dalam satu porsi kurma mampu memberikan 20 persen serat makanan harian Anda. Akan tetapi mengingat manisnya yang cukup kuat, penderita diabetes dianjurkan tidak mengonsumsi kurma Medjool.

Kurma Medjool adalah yang paling mahal di dunia dengan harga jual per kilo mencapai 100 Riyal atau setara Rp391 ribu untuk kualitas terbaiknya.

Itulah jenis kurma termahal sepanjang sejarah. Anda bisa saja menemukan kurma tersebut jelang Lebaran mendatang tentu dengan harga yang lebih mahal.

Related Topics

KurmaRamadan 2024

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

35 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2024, Penuh Makna!
Meninjau Valuasi Spin-Off Anak Usaha Adaro dan Dampaknya
Adhi Karya Digugat PKPU Gara-Gara Proyek Hambalang
Apakah Uang Rp100 Ribu Bisa investasi? Ini Pilihannya
Mobil BYD Mulai Banyak Terlihat di Jalan, Ini Data Impornya
Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN