Luncurkan QRIS, Bank Mega Syariah Bukukan Transaksi Rp721 juta

Penggunaan QRIS BMS menyaingi transaksi debit.

Luncurkan QRIS, Bank Mega Syariah Bukukan Transaksi Rp721 juta
Peluncuran QRIS di M-Syariah milik Bank Mega Syariah/Dok Bank Mega Syariah
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Bank Mega Syariah (BMS) secara resmi meluncurkan fitur Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) melalui aplikasi mobile banking Bank Mega Syariah (M-Syariah) pada 1 November 2023. 

Meski baru diluncurkan, nasabah Bank Mega Syariah sebelumnya sudah dapat menikmati  fitur QRIS di M-Syariah mulai 21 Agustus 2023. Bahkan, pada periode 21 Agustus hingga 29 Oktober 2023, BMS telah membukukan total frekuensi transaksi mencapai 6.199 kali dan total nilai transaksi sebesar Rp721,14 juta. Transaksi tersebut dilakukan oleh lebih dari 2.000 nasabah M-Syariah. 

Direktur Utama Bank Mega Syariah, Yuwono Waluyo berhadap dengan adanya QRIS dapat meningkatkan engagement dan memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan yang lebih cepat dan efisien. 

“QRIS menjadi salah satu milestone dari Bank Mega Syariah yang cukup penting dan ditunggu oleh para Nasabah. Dengan adanya fitur baru tersebut harapannya Bank Mega Syariah semakin menjadi pilihan utama bagi masyarakat Indonesia dalam menggunakan layanan perbankan,” kata Yuwono melalui keterangan resmi di Jakarta, Jumat (3/11).

Penggunaan QRIS BMS menyaingi transaksi debit 

Ilustrasi Layanan Bank Mega Syariah/Dok Bank Mega Syariah

Lebih lanjut Yuwono mengungkapkan, lebih dari 50 persen nasabah Bank Mega Syariah menggunakan QRIS untuk pembayaran di tempat makan dan restoran. Sisanya tersebar di berbagai kategori merchant seperti supermarket, rumah sakit hingga toko kosmetik. 

Jika menelisik transaksi menggunakan QRIS dengan kartu debit, BMS mencatat tren yang menarik. Pada bulan Oktober 23, kontribusi transaksi QRIS terhadap transaksi issuer sudah mencapai 49,8 persen, kontribusi tersebut hampir menyamai transaksi kartu debit yang sudah lebih dulu digunakan oleh nasabah. 

“Namun, hal ini tidak berarti bahwa QRIS akan menggantikan sepenuhnya penggunaan kartu debit. Sebaliknya, Bank Mega Syariah memberikan alternatif kepada nasabah, memberikan lebih banyak pilihan dalam melakukan transaksi perbankan,” ungkap Digital Business Group Head Bank Mega Syariah Sigit Suryawan. 

BI catat 26,7 juta merchant telah gunakan QRIS 

Warga memindai Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) melalui aplikasi DOKU e-Wallet. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

QRIS Merupakan penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR code yang telah distandarisasi oleh Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) selaku lembaga standar yang telah disetujui oleh BI.  

Berdasarkan data BI, per Juni 2023 jumlah merchant yang terintegrasi dengan QRIS mencapai 26,7 juta lebih dari 21 juta dengan 91,4 persen dari jumlah itu adalah usaha mikro kecil menengah (UMKM). Sejalan meningkatnya  pengguna, jumlah transaksi QRIS sepanjang 2022 tercatat sebesar 1,03 miliar transaksi, atau tumbuh sebesar 86 persen secara tahunan (year on year). 

Dalam rangka mendorong penggunaan  dan memperkenalkan fitur QRIS kepada para pengguna M-Syariah, Bank Mega Syariah juga menggelar bazaar launching QRIS M-Syariah yang berlangsung di Auditorium Menara Mega Syariah Lantai 2 dan area Lobby, pada tanggal 1 - 3 November 2023.

Banyak pilihan tenant di Bazaar QRIS M-Syariah, mulai dari makanan, minuman, dan produk fashion sampai dengan Transmart. Selain itu, Trans Food & Beverages (TFB), yang terdiri dari Wendy’s, Coffee Bean and Tea Leaf, dan Baskin Robbins. TFB dan Bank Mega Syariah menghadirkan promo QRIS berupa cash reward hingga 99,99 persen atau hanya membayar Rp1 , untuk 150 pengguna per harinya.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

35 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2024, Penuh Makna!
Meninjau Valuasi Spin-Off Anak Usaha Adaro dan Dampaknya
Adhi Karya Digugat PKPU Gara-Gara Proyek Hambalang
Apakah Uang Rp100 Ribu Bisa investasi? Ini Pilihannya
Mobil BYD Mulai Banyak Terlihat di Jalan, Ini Data Impornya
Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN