Jadi TechCo, Indosat Gandeng Microsoft Dalam Pemanfaatan Teknologi AI

Teknologi AI berdampak positif bagi kinerja Indosat.

Jadi TechCo, Indosat Gandeng Microsoft Dalam Pemanfaatan Teknologi AI
Sanjeev Rawat (kiri) dan Dharma Simorangkir. (dok. Microsoft)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Indosat Ooredoo Hutchison (OOH) gandeng Microsoft terapkan Teknologi AI (Artificial Intelligence) guna mendorong transformasi dari perusahaan Telco menjadi AI Native TechCo.

Chief Digital Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Sanjeev Rawat, mengatakan perusahaan tidak hanya mengintegrasikan kecerdasan buatan ke dalam strategi, namun juga turut membudayakan inovasi.

“Kami memiliki tujuan untuk memberdayakan setiap individu Indonesia melalui solusi yang diperkaya oleh kecerdasan buatan, memastikan bahwa teknologi dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (16/8).

Menurutnya, langkah pendekatan yang dilakukan Indosat sejalan dengan riset Microsoft Work Trend Index 2024 soal perubahan dinamika kerja di Indonesia dengan penggunaan AI. Studi ini mencatat, 92 persen profesional di Indonesia memanfaatkan AI generatif di tempat kerja, dan 92 persen pemimpin menganggap AI penting untuk meningkatkan daya saing.

Tingginya adopsi AI, kata Sanjeev, menunjukkan pentingnya pemanfaatan teknologi AI di berbagai lapisan tenaga kerja. Implikasinya, pemimpin yang memahami nilai AI dapat memotivasi karyawan dan mengubahnya menjadi manfaat bisnis yang nyata.

Copilot for Microsoft 365

Sanjeev mengatakan bahwa Copilot for Microsoft 365 menjadi mitra Indosat, karena bisa berperan sebagai asisten cerdas yang memahami kebutuhan Indosat, termasuk dalam hal menyederhanakan banyak tugas di perusahaan.

Pemanfaatan teknologi ini meningkatkan dampak bisnis dan kontribusi strategis terhadap konektivitas digital.

“Tidak hanya meningkatkan produktivitas saja, tetapi juga memungkinkan kami fokus pada inisiatif strategis dan pelayanan pelanggan. Dengan pengelolaan sumber daya yang efisien, Indosat dapat meningkatkan kualitas layanan untuk lebih dari 100 juta basis pelanggannya yang luas dan mendorong pertumbuhan perusahaan,” kata Sanjeev.

Dorong dampak sosial

Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Dharma Simorangkir, mengatakan integrasi Microsoft Copilot ke dalam pekerjaan sehari-hari tidak hanya meningkatkan produktivitas di internal perusahaan, tetapi juga menciptakan dampak yang luas.

“Melalui peningkatan efektivitas dan inovasi, Indosat mendorong konektivitas digital di seluruh Indonesia. Ini adalah bukti kekuatan teknologi untuk mendorong dampak sosial, dan Microsoft sangat bersemangat menjadi bagian dari perjalanan bersejarah ini,” ujar Dharma.

Copilot for Microsoft 365 menyederhanakan berbagai pekerjaan seperti mengatur jadwal pertemuan, merangkum notulen rapat, menyiapkan email, dan banyak lagi. Penggunaannya di Indosat kini meluas dari Divisi Digital ke Divisi lain termasuk Sumber Daya Manusia (SDM), Business-to-Business (B2B), dan Jaringan.

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

IDN Channels

Most Popular

Daftar Menteri Kabinet Prabowo dan Jabatannya, Lengkap!
Tugas Luhut usai Dilantik jadi Ketua Dewan Ekonomi Nasional
Ini Profil 3 Eks-Bankir yang Masuk Kabinet Presiden Prabowo
Izin Usaha Investree Dicabut OJK, Bagaimana Nasib Nasabah?
Prabowo Lantik Raffi Ahmad hingga Gus Miftah Jadi Utusan Presiden
Prabowo Lantik Luhut Jadi Kepala Dewan Ekonomi Nasional