Starlink Masuk RI, ASSI: Pemain VSAT Lokal Tidak Akan Bertahan

Ada perbedaan harga antara Starlink dan pemain lokal.

Starlink Masuk RI, ASSI: Pemain VSAT Lokal Tidak Akan Bertahan
Sekjen Asosiasi Satelit Indonesia (ASSI) Sigit Jatiputro saat ditemui di Gedung KPPU Jakarta, Rabu (29/5). EKO WAHYUDI/Fortune Indonnesia
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • ASSI khawatir bisnis internet satelit lokal akan terancam oleh Starlink.
  • Pelanggan VSAT lokal beralih ke Starlink karena harga berlangganan dan perangkatnya lebih murah.

Jakarta, FORTUNE – Asosiasi Satelit Indonesia (ASSI) mengkhawatirkan keberlangsungan bisnis internet berbasis satelit pemain lokal menyusul kehadiran layanan serupa yang ditawarkan oleh Starlink di Indonesia.

Sekjen ASSI, Sigit Jatiputro, mengatakan kekhawatiran itu mengemuka seiring dengan adanya pelanggan Very Small Aperture Terminal (VSAT) atau layanan internet berbasis satelit yang mulai beralih menggunakan Starlink.

Perpindahan pelanggan tersebut merupakan imbas dari harga berlangganan dan harga perangkat keras Starlink yang lebih murah dibandingkan dengan harga yang ditawarkan pemain VSAT lokal.

“Kalau diambil ekstremnya, mungkin pemain VSAT dalam negeri tidak akan bertahan dalam setahun,” kata Sigit saat ditemui di Gedung Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Jakarta, Rabu (29/5).

Sigit mencontohkan bahwa harga berlangganan internet VSAT lokal dengan skema kuota unlimited termurah mencapai Rp3,5 juta per bulan, sedangkan harga Starlink dengan layanan serupa hanya Rp750.000 per bulan.

Kemudian untuk harga perangkat, pemain lokal menawarkan harga termurah Rp9,1 juta, sedangkan harga promosi yang ditawarkan Starlink mencapai Rp4,6 juta.

Pemain lokal sulit tumbuh dengan kehadiran Starlink

Dengan persaingan harga tersebut, Sigit mengatakan pemain lokal akan sulit bertumbuh. Menurutnya, pada dua pekan awal Starlink beroperasi di dalam negeri, terjadi penurunan penjualan layanan VSAT pada segmen ritel dan bisnis.

“VSAT itu jarang dipakai di ritel, kebanyakan di bisnis. Starlink yang residensial bisa dipakai di bisnis. Jadi, sebenarnya harga di bisnis lebih murah dan di ritel, tetapi masalahnya kami terimbas baik di korporasi dan ritel,” ujarnya.

Dengan kondisi demikian, Sigit mengatakan yang dapat mereka lakukan adalah mengikuti aturan yang ditetapkan pemerintah.

“Kami nurut aja. Kalau suatu perusahaan diizinkan [berusaha] di sini, artinya pemerintah sudah memikirkan baik-buruknya,” katanya.

Di sisi lain, Sigit memandang bahwa bisnis layanan internet berbasis fiber optik seperti IndiHome dan lainnya masih tetap kuat walau ada Starlink. Namun, ceritanya akan berbeda jika Starlink melakukan ekspansi kapasitas bisnis.

“Kami enggak ada yang tahu pasti. Tetapi, menurut saya, semua (pemain lokal) akan terimbas dalam lima tahun mendatang,” ujarnya.



 

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

35 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2024, Penuh Makna!
Meninjau Valuasi Spin-Off Anak Usaha Adaro dan Dampaknya
Adhi Karya Digugat PKPU Gara-Gara Proyek Hambalang
Apakah Uang Rp100 Ribu Bisa investasi? Ini Pilihannya
Mobil BYD Mulai Banyak Terlihat di Jalan, Ini Data Impornya
Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN