Live Shopping Makin Diminati, Siapa Juara Pilihan Konsumen?

Shopee Live dan Tiktok bersaing ketat pikat konsumen.

Live Shopping Makin Diminati, Siapa Juara Pilihan Konsumen?
Ilustrasi pemasaran dengan influencer marketing. Shutterstock/paulaphoto
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Berbelanja melalui Live Shopping semakin diminati oleh masyarakat hingga pertengahan tahun 2024. Kemampuan dalam menjangkau berbagai konsumen menjadikan para pemain e-commerce di Indonesia, seperti Shopee, TikTok, Tokopedia, dan Lazada berlomba-lomba menghadirkan fitur live streaming yang memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen dan bermanfaat bagi para brand lokal UMKM.

Pada survei IPSOS yang berjudul “Tren Live Streaming E-commerce bagi Penjual” di tahun 2023, mengungkapkan bahwa Shopee Live menduduki puncak popularitas sebagai pemimpin pada indikator fitur live streaming yang paling diingat oleh brand lokal dan UMKM atau Top of Mind dengan persentase 77 persen, jauh melampaui pesaing terdekatnya Tiktok Live 19 persen, Tokopedia 3 persen dan Lazada 1 persen.



 

Market share Shopee Live capai 82%

Shopee. Shutterstock/Sergei Elagin

Selanjutnya, dari segi market share, Shopee Live juga menjadi platform yang paling banyak dipilih untuk kebutuhan penjualan bagi UMKM lokal dengan persentase 82 persen, diikuti oleh TikTok Live sebesar 18 persen.

Executive Director IPSOS Indonesia, Andi Sukma mengatakan, kehadiran Shopee Live mendominasi pasar live streaming bagi penjual. Sedangkan, untuk tahun 2024 ini dunia e-commerce diwarnai oleh perubahan yang signifikan, tantangan yang semakin dinamis hingga munculnya pemain baru. 

“Jika kita melihat kembali pada survei yang telah IPSOS lakukan, Shopee Live menjadi fitur live streaming yang unggul dalam berbagai aspek penting yang dilihat oleh brand lokal dan UMKM, seperti menyediakan pelayanan yang terbaik dan memberikan peningkatan omzet terbesar,” kata Andi melalui keterangan resmi di Jakarta, Jumat (7/6).

Tren live shopping bergeser

ilustrasi menonton video di Youtube (unsplash.com.CardMapr.nl)

Dengan demikian, menurutnya, jika Shopee terus mempertahankan dan meningkatkan manfaat fitur ini bagi para penjual, tahun ini pun Shopee Live diprediksi masih mendominasi fitur live shopping pilihan brand lokal dan UMKM di antara e-commerce lainnya.

Meski terdapat pergeseran kebiasaan belanja pada masyarakat Indonesia, Shopee Live dinilai harus terus berinovasi dan menghadirkan penawaran terbaik bagi para brand lokal dan UMKM untuk memenangkan persaingan di pasar digital. Jika Shopee Live terus berinovasi dan mengembangkan potensi serta teknologi yang dimiliki, fitur live streaming ini diyakini akan mampu mempertahankan posisi sebagai sebagai platform live shopping pilihan para penjual saat ini yang memberikan peluang besar bagi brand lokal dan UMKM. 

Sebab, tren live streaming ini juga diprediksi akan terus berkembang, dan tentunya dapat menjadi bentuk persaingan yang baru dan semakin menarik untuk menjadi perhatian di antara platform e- commerce di Indonesia.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

OPEC+ Sepakat Tunda Kenaikan Produksi Minyak Hingga November
Bisnis Manajemen Fasilitas ISS Tumbuh 5% saat Perlambatan Ekonomi
7 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!
Gagal Tembus Resisten, IHSG Diprediksi Konsolidasi
Fitur AI Jadi Alasan Canva Naikkan Harga hingga 300%
Pertamina Siapkan 15 Persen Belanja Modal untuk Transisi Energi