7 Manfaat Cloud Computing untuk Bisnis, Data Lebih Terjaga!

Pemilik bisnis wajib tahu!

7 Manfaat Cloud Computing untuk Bisnis, Data Lebih Terjaga!
ilustrasi cloud computing untuk bisnis (unsplash.com/Walls.io)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Ada sejumlah manfaat cloud computing untuk bisnis. Seiring perkembangan zaman, bisnis juga tidak hanya menggunakan sistem offline, tapi juga terdigitalisasi.

Banyak perusahaan yang telah menggunakan layanan ini agar kegiatan operasional lebih masif lagi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini berbagai manfaat cloud computing bagi perusahaan!

1. Lebih terpusat dan terintegrasi

Manfaat cloud computing untuk bisnis adalah data lebih terpusat dan terintegrasi. Semua file, baik itu dokumen, gambar, video, dan lainnya akan tersimpan ke dalam server cloud. 

Server tersebut memiliki kapasitas penyimpanan yang besar dan dirancang secara terpusat. Saat diperlukan, karyawan bisa mengaksesnya dari mana saja, dengan catatan perangkat telah tersambung ke jaringan internet.

2. Penggunaan lebih fleksibel

Cloud computing bisa diakses secara fleksibel oleh para karyawan dari mana saja selama perangkat terhubung ke internet. Hal ini memudahkan mereka untuk mengakses data tanpa perlu membawa hardisk seperti flashdisk ataupun saat tidak sedang di kantor.

3. Keamanan data lebih terjamin

Manfaat cloud computing untuk bisnis selanjutnya adalah keamanan data lebih terjamin. Cloud storage memiliki sistem keamanan yang canggih yang terintegrasi, sehingga aman dari serangan malware maupun virus lainnya.

Dengan begitu, Anda tidak perlu takut akan kebocoran data. Meski begitu, Anda juga harus berhati-hati untuk segala kemungkinan yang ada.

4. Lebih hemat biaya

Cloud computing bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menghemat biaya perusahaan. Hal ini lebih baik daripada Anda mengelola data secara manual yang memerlukan sumber daya lebih banyak.

Selain itu, beberapa layanan cloud computing juga menawarkan biaya layanan yang menarik, baik per bulan ataupun per tahun. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. 

5. Pengelolaan data jadi lebih mudah

Manfaat cloud computing untuk bisnis lainnya pengelolaan data jadi lebih mudah. Tentu merepotkan jika Anda harus mengelola sejumlah file yang banyak terutama dengan ukuran yang besar.

Dengan adanya cloud computing, data akan tersimpan menjadi satu dan seluruh user bisa mengaksesnya dengan mudah.

6. Data mudah untuk dipulihkan

Perlu untuk diketahui, cloud computing memiliki fitur backup dan recovery. Fitur ini bisa digunakan untuk memulihkan data yang hilang atau tidak sengaja terhapus.

Selain itu, fitur tersebut juga membantu menyimpan file secara otomatis apabila komputer Anda rusak atau mati mendadak. Jadi, Anda tidak perlu takut kehilangan file yang tersimpan di layanan cloud.

7. Meningkatkan daya saing

Manfaat cloud computing untuk bisnis juga dapat meningkatkan daya saing dengan industri lainnya. Layanan cloud computing mempermudah pekerjaan, sehingga industri dapat bergerak lebih cepat.

Selain itu, perusahaan yang memiliki layanan ini juga dianggap lebih unggul karena mampu mengikuti perkembangan zaman.

Itulah tadi sejumlah manfaat cloud computing untuk bisnis yang perlu Anda ketahui. Jadi, apakah Anda tertarik untuk menerapkan layanan ini di bisnis Anda?

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

Daftar Saham Afiliasi Para Calon Menteri dalam Pemerintahan Prabowo
Ini Biaya dan Perbandingan Franchise Alfamart dan Indomaret
BI Masih Cermati Ruang Penurunan Suku Bunga Acuan
BI: Biaya Transaksi QRIS Gratis hingga Rp500 Ribu per 1 Desember 2024
Ini 3 Waktu Terbaik untuk Memulai Investasi Emas
Investor Asal Korsel dan Cina Bakal ke Indonesia Bawa Dana Jumbo