Gobel Group Bangun Proving Ground Terbesar Se-Asia Tenggara

Direncanakan akan beroperasi pada 2025.

Gobel Group Bangun Proving Ground Terbesar Se-Asia Tenggara
Dok. Gobel Group
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE-  Pembangunan proyek Proving Ground Bekasi garapan PT Indonesia International Automotive Proving Ground (IIAPG), milik anak perusahaan Gobel Group terus dipercepat dengan progres pembangunan 56,57 persen. Proyek ambisius yang ditargetkan menjadi fasilitas pengujian kendaraan terbesar di Asia Tenggara ini diproyeksikan akan beroperasi penuh pada April 2025.

Proving ground yang dibangun dengan standar internasional dan mengacu pada regulasi United Nations Regulation (UNR) dan Mutual Recognition Agreement (MRA) ASEAN ini ditargetkan memperkuat daya saing produk otomotif Indonesia, terutama di pasar internasional.

Proving Ground Bekasi memiliki 16 fasilitas pengujian yang dirancang untuk memenuhi standar global, termasuk fasilitas High Speed Oval Track sepanjang 3,5 km yang memungkinkan kendaraan mencapai kecepatan hingga 250 km/jam, dan fasilitas uji tabrak (Test Crash) pertama di Asia Tenggara.

"Proving ground ini akan mendukung ekspor otomotif, menciptakan lapangan kerja, serta meningkatkan keterampilan tenaga kerja lokal," ujar Hiramsyah S. Thaib, President Director & Group CEO Gobel Group, sekaligus Direktur Utama PT IIAPG.

Kolaborasi teknologi dan komitmen berkelanjutan

Hiramsyah menambahkan, proyek ini merupakan bentukkolaborasi teknologii yang akan memperkuat posisi Indonesia sebagai pusat otomotif di Asia Tenggara.

Proyek ini juga memainkan peran penting dalam upaya mendukung target pemerintah mencapai Net Zero Emission 2060. Fasilitas uji emisi yang dimiliki sudah memenuhi standar Euro 6, yang lebih ketat dibandingkan standar Euro 4 yang saat ini berlaku di Indonesia.

"Standar ini mengurangi emisi nitrogen oksida hingga 67 persen untuk kendaraan berbahan bakar diesel," katanya.

Selain itu, proyek ini melibatkan konsorsium perusahaan besar seperti Gobel Group, Astra Group, dan mitra internasional seperti Toyota Tsusho Corporation dan Japan Overseas Infrastructure Investment Corporation for Transport & Urban Development (JOIN). Dukungan finansial berasal dari Jepang melalui JBIC (Japan Bank for International Corporation) dan MUFG (Mitsubishi UFJ Financial Group).

Dengan skala dan dampak ekonomi yang besar, Proving Ground Bekasi diharapkan akan menjadi katalisator bagi transformasi industri otomotif nasional, mempercepat pertumbuhan ekonomi, serta membantu Indonesia mencapai posisi terdepan dalam industri otomotif di kawasan Asia Tenggara.

Related Topics

Gobel Group

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

Daftar Menteri Kabinet Prabowo dan Jabatannya, Lengkap!
Tugas Luhut usai Dilantik jadi Ketua Dewan Ekonomi Nasional
Prabowo Lantik Luhut Jadi Kepala Dewan Ekonomi Nasional
Prabowo Berencana Ubah Skema Penyaluran Subsidi agar Tepat Sasaran
Profil Dody Hanggodo, Menteri Pekerjaan Umum Pilihan Prabowo
Empat Orang Terkait Haji Isam Masuk Kabinet, Ini Afiliasi Bisnisnya