Kolaborasi APR, DuniaTex, dan Matahari Dukung Fesyen Berkelanjutan

Kolaborasi antarsektor dapat memperluas dampak positif.

Kolaborasi APR, DuniaTex, dan Matahari Dukung Fesyen Berkelanjutan
source_name
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Pada hari kedua partisipasinya di Jakarta Fashion Week 2025, Asia Pacific Rayon (APR) kian memperkuat komitmennya dalam mendukung fesyen berkelanjutan di Indonesia melalui kolaborasi dengan Duniatex dan Matahari.

Dengan mengusung tema “Fashion Evolution”, kolaborasi ini menampilkan 48 koleksi dalam fashion show yang digelar di Pondok Indah Mall (PIM) 3, Jakarta.

Dalam kolaborasi ini, APR menyediakan serat viscose-rayon yang terbarukan dan biodegradable, yang kemudian diolah oleh DuniaTex menjadi kain berkualitas. Matahari kemudian mengreasikan kain tersebut melalui Nevada dan ZES.

“Kami percaya kolaborasi antar sektor dapat memperluas dampak positif dan pembelajaran masyarakat terhadap pentingnya material berkelanjutan,” kata Presiden Direktur APR, Basrie Kamba.

Matahari Department Store menampilkan koleksi untuk anak-anak muda yang menekankan keberlanjutan, namun tetap mengikuti tren terkini. Koleksi Nevada mengusung konsep “Confident Teen Spirit” demi merayakan individu yang percaya diri mengekspresikan keunikannya, lewat pengaplikasian viscose-rayon melalui warna-warna cerah dan penggabungan elemen varsity, denim, dan grunge.

Sementara itu, koleksi ZES mengusung konsep “stress-free commute” dengan gaya kontemporer yang elegan, menggunakan viscose-rayon lembut dan breathable untuk memberikan kenyamanan pada pakaian sehari-hari kaum urban.

Sejak 2019, APR terus berkomitmen untuk merangkul desainer, fashion enthusiast, dan pelaku tekstil dalam mendukung fesyen berkelanjutan di Indonesia. Ini adalah tahun ketiganya berkolaborasi dengan jenama lokal pada Jakarta Fashion Week. 

Sebelum ini, APR telah berkolaborasi dengan Matahari untuk mendukung fesyen berkelanjutan melalui koleksi pakaian berbahan dasar viscose-rayon APR dan program Manajemen Limbah Tekstil.

Duniatex, salah satu produsen tekstil terbesar di Asia Tenggara, menyatakan kebanggaannya berkolaborasi bersama APR dan Matahari Group dalam JFW 2025.

"Melalui kolaborasi ini, Duniatex menegaskan komitmennya terhadap produk tekstil keberlanjutan dan inovasi dalam industri fashion Indonesia. Kami ingin mengajak para pelaku industri tekstil di Indonesia untuk terus berkembang dan menunjukkan potensi terbaiknya," kata Yulius Ari Budi Nugroho, Marketing Manager Duniatex.

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

IDN Channels

Most Popular

Ini Empat Tuntutan Serikat Pekerja untuk Selamatkan Sritex dari Pailit
Biaya Pembuatan Paspor Naik jadi Rp950.000, Berlaku per Desember 2024
ESDM: Pertumbuhan Biodiesel 2023 Hemat Devisa Negara Hingga Rp120,54 T
Emiten Properti Aguan (PANI) Naikkan Target Pra Penjualan jadi Rp6 T
Perbedaan Bangkrut dan Pailit dalam Dunia Usaha
Investor Waspada! IHSG Rawan Lanjut Koreksi di Awal Pekan