Kantongi Izin, BNI Siap Buka Kantor Cabang di Australia

Saat ini BNI telah miliki 7 kantor cabang luar negeri.

Kantongi Izin, BNI Siap Buka Kantor Cabang di Australia
Menara BNI Pejompongan/ Dokumen BNI
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BNI), Royke Tumilaar menyatakan telah mengantongi izin untuk membuka Kantor Cabang Luar Negeri (KCLN) baru di Sydney, Australia. Hal tersebut disampaikan Royke saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI, Senin (8/7).

Izin tersebut, lanjut Royke diperoleh dari dari otoritas Perbankan Australia, Australian Prudential Regulation Authority (APRA) pada 27 Mei 2024 selanjutnya pihaknya juga akan mengajukan izin dalam negeri yakni Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan begitu, BNI akan menjadi bank pertama asal Indonesia yang membuka cabang di Australia.

“Kami telah disetujui untuk pembukaan Cabang di Sydney yang dalam waktu dekat kami akan melakukan peresmian,” ujar Royke.

BNI bidik ekspansi bisnis ke Australia

ilustrasi negara Australia (pexels.com/Ben Mack)

Dalam pembukaan cabang baru tersebut, lanjut Royke, pihaknya membidik target ekspansi bisnis BNI di Australia, salah satunya ialah kredit bilateral bagi para diaspora asal Indonesia.

“Untuk memberikan kredit bilateral, dan semakin banyak perusahaan Indonesia yang semakin bisa bereaksi ke Australia dan juga untuk membantu diaspora, dan juga kita melakukan berusaha untuk melakukan sosialisasi,” jelas Royke.

Sebelumnya, Royke sempat menjelaskan bahwa pihaknya telah mengimplementasikan sejumlah strategi untuk mendorong kinerja international banking. Strategi itu antara lain memberikan pembiayaan kepada key customer segment yang terhubung dengan Korporasi dan subsidiary Group usaha debitur di luar negeri, SME (Small Medium Enterprise), Global dan regional MNC (Multinational Corporation). 

BNI telah miliki 7 KCLN

BNI kini mampu memfasilitasi berbagai kebutuhan transaksi, tabungan, hingga pembiayaan bagi para diaspora di 26 negara. (Dok. BNI)

Selain itu, perseroan juga memiliki skema pembiayaan khusus dengan skema supply chain untuk jaringan global debitur serta guaranteed head office loan untuk mendukung pembiayaan debitur korporasi di Indonesia. 

"BNI juga telah membentuk unit International Desk sebagai unit khusus yang menangani perusahaan internasional yang berinvestasi di Indonesia atau yang telah beroperasi di Indonesia," jelas Royke.

Tercatat, hingga saat ini BNI memiliki 7 KCLN yang tersebar di London, New York, Seoul, Singapura, Tokyo, Hongkong, hingga Amsterdam.  

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

7 CEO dengan Gaji Tertinggi di Dunia
Grup Astra Sebar Dividen Interim, Ini Jadwal ASII, AALI, dan UNTR
6 Multifinance Lokal dicaplok Asing, Ini Negara Peminatnya
Mengenal Aplikasi Temu yang Bakal Diblokir Kominfo
Aksi Beli Prajogo Pangestu atas BREN Saat Pemeriksaan OJK
Berapa Gaji Anggota DPR beserta Tunjangannya? Puluhan Juta