Waspadai 6 Modus Penipuan Bagi UMKM yang Bisa Sebabkan Fraud

Masih terdapat gap inklusi keuangan.

Waspadai 6 Modus Penipuan Bagi UMKM yang Bisa Sebabkan Fraud
UMKM di JaKreatiFest 2024. (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Pelaku Bisnis UMKM masih dibayangi oleh sejumlah Modus Penipuan yang  berpotensi menggangu kinerja atau fraud dalam bisnis. Kondisi ini menjadi tantangan tersendiri di tengah masih terbatasnya tingkat literasi keuangan di kalangan masyarakat Indonesia. 

Untuk itu, PT Pembiayaan Digital Indonesia (Adakami) bersama Persib melakukan edukasi dan diskusi finansial kepada pelaku UMKM melalui program ‘Sampurasun’. Dalam acara tersebut terungkap bahwa sedikitnya ada enam bentuk upaya penipuan atau fraud yang perlu diantisipasi oleh para pelaku UMKM terlepas dari jenis layanan keuangan yang dimanfaatkan. 

CEO dan Lead Financial Trainer QM Financial, Ligwina Hananto mengungkapkan, modus pertama ialah salah transfer atau lebih transfer dari pihak yang tidak dikenal. "Sehingga penipu meminta pelaku UMKM untuk transfer ulang," kata Ligwina melalui keterangan resmi di Jakarta, Selasa (20/8). 

Modus bantuan lunasi cicilan masih bayangi UMKM

Wisatawan sedang memilih suvenir di Pasar Klewer, Solo. (Shutterstock/Mahardhika Argha)

Modus kedua yang tak kalah marak ialah tawaran bantuan untuk melunasi tagihan atau cicilan. Modus ini khususnya menyasar bagi UMKM yang sedang memanfaatkan jasa permodalan atau kredit. Sekali tertipu, pelaku UMKM dapat menderita sejumlah kerugian keuangan.

Selain itu, terdapat juga modus pencurian data pribadi akibat oversharing di berbagai channel media. Hal ini biasanya terjadi saat pelaku bisnis lengah dan sering membagikan data pribadi seperti alamat pribadi, tanggal lahir hingga data keuangan di perusahaan. 

Modus lainnya yang juga masih marak ialah permintaan membagikan OTP untuk membajak akun bank hingga dompet digital. Tak berhenti di situ, pelaku UMKM juga harus mewaspadai jebakan konten media sosial palsu yang mengatasnamakan perusahaan tertentu. Dan terakhir, modus iming-iming bonus, voucher atau cashback mengatasnamakan perusahaan atau pihak tertentu.

Masih terdapat gap inklusi keuangan

Adakami dan Persib gelar edukasi dan diskusi finansial kepada pelaku UMKM melalui program ‘Sampurasun’./Dok Adakami

Sejalan dengan Ligwina, Brand Manager AdaKami, Jonathan Kriss mengamini pentingnya pemahaman pengelolaan keuangan untuk bisnis. Pemahaman ini termasuk pada jenis, manfaat, dan risiko layanan keuangan yang bisa dimanfaatkan dalam menjalankan bisnis. 

Pasalnya, transaksi keuangan mulai dari pengeluaran, pemasukan, hingga hal penting seperti permodalan menjadi hal-hal yang lekat pada proses bisnis. Terlebih lagi, saat ini layanan keuangan yang tersedia semakin beragam. Di sisi lain, kemajuan yang terjadi di sektor keuangan juga tak lepas dari pihak-pihak yang ingin mengambil celah untuk mendapatkan keuntungan melalui tindakan ilegal. 

Menurut Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2024 dari OJK, indeks literasi mencapai 65,43 persen. Namun, angka ini masih tertinggal dibandingkan dengan indeks inklusi keuangan yang sudah mencapai 85,10 persen pada periode yang sama. 

“Jangan sampai gap yang ada antara indeks literasi dan inklusi ini dimanfaatkan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Melihat tantangan tersebut, AdaKami secara rutin menyelenggarakan diskusi finansial,” jelas Jonathan. 

Dalam kesempatan yang sama, Head of Business Development PT PERSIB Bandung Bermartabat, Putra Kartono berharap melalui program ini, para pelaku UMKM dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnisnya. 

"Dengan demikian, UMKM di Bandung dapat semakin berdaya saing dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah," tutup Putra.

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

IDN Channels

Most Popular

Izin Usaha Investree Dicabut OJK, Bagaimana Nasib Nasabah?
Prabowo Lantik Raffi Ahmad hingga Gus Miftah Jadi Utusan Presiden
Kemenkeu Tidak Lagi di Bawah Menko, Langsung Koordinasi ke Presiden
Ferrari F80, Supercar Edisi Terbatas Rp60 Miliar Resmi Mengaspal
Prabowo Lantik Luhut Jadi Penasihat Khusus Presiden
Daftar Kepala Badan, Utusan Hingga Penasihat Khusus Prabowo