NEWS

Cara Hindari Penipuan Investasi, Cegah Modus Penipuan!

Hindari investasi bodong

Cara Hindari Penipuan Investasi, Cegah Modus Penipuan!ilustrasi penipuan investasi (pexels/leeloo the first)
25 June 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Investasi merupakan salah satu cara yang umum digunakan guna mengembangkan kekayaan seseorang. Sayangnya, ada beberapa oknum tidak bertanggung jawab yang menggunakan investasi sebagai Modus Penipuan.

Hal tersebut tentunya harus diwaspadai oleh masyarakat karena kasusnya cukup marak terjadi di kalangan investor. Penipuan berkedok investasi tersebut tentunya akan mengakibatkan kerugian finansial yang tidak sedikit.

Lantas, bagaimana cara hindari penipuan investasi ini? Berikut langkah yang bisa dilakukan agar terhindar dari modus penipuan satu ini.

1. Riset perusahaan investasi

Salah satu cara hindari penipuan investasi yang bisa Anda lakukan adalah melakukan riset perusahaan atau instansi yang menawarkan investasi tersebut. Lakukan riset yang mendalam mengenai hal-hal terkait perusahaan lewat berbagai sumber.

Biasanya, perusahaan investasi yang terpercaya memiliki data informasi terkait perusahaan sangat lengkap, mulai dari struktur kepengurusan, kepemilikan, hingga alamat perusahaan. 

Bahkan, dokumentasi kegiatan perusahaan disajikan secara lengkap dan bisa diakses dengan mudah.

Berbeda dengan perusahaan yang menawarkan investasi bodong, informasi terkait perusahaan biasanya tidak lengkap dan sulit untuk diakses secara bebas.

Jika Anda menemukan perusahaan yang minim informasi, Anda patut curiga akan modus penipuan berkedok investasi.

2. Waspadai investasi yang memiliki keuntungan besar

Setiap perusahaan atau instansi investasi tentu akan menawarkan sejumlah keuntungan bagi investornya. Namun, Anda perlu mewaspadai perusahaan yang menawarkan imbal hasil yang terlalu besar.

Penipuan investasi biasanya akan mengiming-iming korbannya dengan keuntungan yang tinggi. Tidak jarang, keuntungan tersebut cenderung lebih tinggi dari investasi lainnya. Terlebih imbal hasilnya dijanjikan dalam waktu yang singkat.

Hal tersebut tentu menjadi penawaran yang terlihat tidak masuk akal dengan menawarkan keuntungan tinggi disertasi dengan jangka waktu singkat.

Jika Anda menemukan penawaran tersebut, waspada bisa jadi investasi tersebut merupakan modus penipuan.

Related Topics