Kontrol Kredit Macet Fintech P2P, OJK Mau Buat Pusdafil

Apa itu pusdafil yang ingin OJK buat?

Kontrol Kredit Macet Fintech P2P, OJK Mau Buat Pusdafil
ilustrasi P2P lending (unsplash.com/Christian Dubovan)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Otoritas Jasa keuangan (OJK) ingin mendirikan pusat data fintech lending (Pusdafil), seiring dengan pertumbuhan kredit fintech P2P (peer to peer) yang melampaui industri pada Juni 2023, yakni 18,86 persen.

Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya (PVML) OJK, Agusman menyebut, pusat data itu krusial dalam fungsi pengawasan terkait pinjaman online (pinjol).

Jika pusdafil sudah tersedia, maka pihaknya bisa memantau kelayakan pemberian kredit dengan cepat dan tepat. Bahkan, bisa meninjau status perkreditan dan perekonomian calon nasabah secara akurat.

"Dari OJK, kami mengharapkan nanti pada waktunya akan memiliki pusdafil yang robust. Dengan itu, data transaksi pendanaan dan lending bisa diawasi secara harian, dan bisa terhubung dengan SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK," kata Agusman di konferensi pers Anggota Dewan Komisioner OJK, Jumat (18/8). "Memastikan nasabah atau yang dibiayai sehat secara perkreditan dan perekonomian secara umum."

Kredit macet atau TWP fintech P2P

ilustrasi P2P lending (pexels.com/Karolina Grabowska)

Gagasan mengenai mendirikan pusdafil itu muncul seiring dengan kekhawatiran terkait tingkat wanprestasi pengembalian kredit 90 hari (TWP90) atau kredit macet untuk fintech P2P yang sempat naik pada Mei 2023.

Dalam kesempatan yang sama, Agusman juga melaporkan, kredit macet atau TWP90 fintech P2P masih terkendali. Itu tergambar dalam tingkat TWP di level 3,36 persen pada Mei 2023 menjadi Rp1,72 triliun. Memang, TWP90 itu tergolong naik jika dibandingkan dengan level pada April 2023, yakni 2,82 persen. Tapi, itu masih berada di bawah ambang batas sesuai peraturan yang berlaku.

"Umumnya, bet practices untuk TWP 90 hari ini harus di bawah 5 persen, jadi sebetulnya kita sangat terkendali," katanya.

Per Juni 2023,  TWP90 fintech P2P menurun menjadi 3,29 persen. Adapun, secara historis, TWP90 pernah mencapai titik kulminasi, yakni 8,82 persen pada Agustus 2020 lalu.

"Tapi kami juga mengharapkan kehati-hatian tetap harus kita pegang teguh, baik dari sisi lender maupun borrower," imbuh Agusman.

Agusman sendiri merupakan salah satu Anggota Dewan Komisioner (ADK) OJK yang baru dilantik pekan lalu. Ia punya tugas dan fungsi untuk mengoordinasikan penyelenggaraan sistem pengawasan, perizinan, pengaturan, pemeriksaan khusus serta mengembangkan arahan, strategi, kebijakan, pelaksanaan quality assurance dan pengelolaan dan penyediaan sistem informasi pengawasan dan perizinan serta surveillance dan protokol manajemen krisis perusahaan di sektor PVML baik konvensional dan syariah. 

Ruang lingkup industri jasa keuangan yang berada di bawah pengawasan ADK PVML meliputi: Perusahaan Pembiayaan, Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Khusus (sui generis), Usaha Pembiayaan Berbasis Teknologi (Fintech Lending dan Paylater), Perusahaan Pergadaian, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya, termasuk koperasi di sektor jasa keuangan.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

12 Tahun Dijual, Rumah Mewah Michael Jordan di Chicago Akhirnya Laku
Isak Tangis Sri Mulyani di Banggar DPR Usai Sepakati RUU APBN 2025
OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
Perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara IKN, Jangan Keliru
Alibaba Pertahankan Kepemilikan 88 Miliar Saham GoTo hingga 5 Tahun
Bunga Acuan Turun, BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh 12%