Gym Mewah Mengubah Pola Hidup dan Berolahraga Masyarakat

Lebih dari pusat kebugaran biasa.

Gym Mewah Mengubah Pola Hidup dan Berolahraga Masyarakat
Ilustrasi pusat kebugaran/Dok. Freepik
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Di era modern, Gym tidka hanya dipandang sebagai tempat untuk berOlahraga. Banyak pusat kebugaran mewah yang sekaligus menjadi menjadi pusat komunitas yang mengubah cara masyarakat berinteraksi dan menjalani hidup.

Gym ini pun menarik perhatian banyak orang, khususnya generasi muda yang mendambakan pengalaman lebih dari sekadar latihan fisik.

VITAL Climbing dan Life Time adalah dua contoh gym mewah yang berhasil menciptakan suasana sosial yang menyenangkan, di mana anggota tidak hanya datang untuk berolahraga, tetapi juga untuk bersosialisasi dan menikmati berbagai aktivitas yang mendukung gaya hidup sehat.

Melansir Fortune.com, selama bulan-bulan musim panas dinding tebing di atap VITAL Climbing sering dipenuhi oleh 100 anggota yang berkumpul untuk memanjat sambil menyaksikan matahari terbenam dan menikmati bir dari kafe gym.

“Orang-orang datang ke gym bukan hanya untuk memanjat. Mereka ada di sana untuk bertemu orang lain, bersosialisasi, dan memanjat bersama. Hal ini benar-benar mengukuhkan pendekatan desain kami," kata Co-founder Nam Phan dilansir dari Fortune.com.

Setelah mengalami penurunan selama pandemi Covid-19, gym mewah mulai menunjukkan tanda-tanda kebangkitan. Jika sebelumnya banyak klub kesehatan terpaksa menutup pintu, tetapi dalam beberapa tahun terakhir, basis pelanggan untuk gym kelas atas mulai meningkat pesat—tidak hanya untuk angkat beban, tetapi juga untuk pengalaman sosial.

Biaya keanggotaan di Life Time diptok mulai dari US$269 per bulan, jauh lebih tinggi dibandingkan tarif keanggotaan gym lain seperti Planet Fitness atau Blink sebesar US$15 hingga US$40. Bedanya, Life Time tidak hanya menawarkan gym, melainkan juga pengalaman kesehatan dan kebugaran yang lengkap.

Life Time membuka klub pertamanya di New York City pada 2016. Kini, mereka telah memiliki 12 lokasi di seluruh kota, dengan yang terbaru, Penn 1, seluas lebih dari 50.000 kaki persegi di jantung Manhattan. Lokasi ini dilengkapi dengan tujuh lapangan pickleball, beberapa lantai latihan, bar, dan studio bersepeda.

Potensi pengembangan pusat kebugaran mewah

Di lantai dasar Penn 1, terdapat area lounge yang menghadap ke lapangan, memungkinkan anggota untuk bersantai sambil menjawab email setelah berolahraga. Area pemulihan juga disediakan, dengan kursi pijat dan alat kompresi pneumatik.

“Jika Anda pergi ke Life Time 12 atau 13 kali sebulan, Anda lebih mungkin untuk berbelanja di sana atau mengambil barang yang perlu dalam perjalanan Anda,” ujar Parham Javaheri, Chief Development Officer Life Time.

Peralihan banyak orang untuk bekerja dari rumah  di sisi lain turut mempengaruhi real estate komersial, dengan tingkat kekosongan kantor yang meningkat. Namun, situasi ini membuka peluang lebih besar bagi gym mewah seperti Life Time. Javaheri menjelaskan, pengembang kini lebih tertarik untuk menyewakan ruang kepada gym yang dapat menarik pengunjung.

Tak hanya Life Time, VITAL Climbing juga mengalami pertumbuhan pesat. Didirikan di Williamsburg, VITAL menawarkan keanggotaan sebesar US$145 per bulan dan akses 24/7 ke fasilitas, termasuk pelatihan beban dan sauna. Area lounge di VITAL mendorong anggota untuk bersantai dan bekerja setelah berolahraga.

Meskipun tantangan tetap ada dalam menemukan ruang yang cukup besar untuk gym mewah, pengembang mulai menyadari nilai dari penyewa ini. Life Time menyatakan bahwa mereka berada dalam "era keemasan" ekspansi, dengan lebih banyak ruang yang tersedia dan kesempatan untuk membangun fasilitas yang memenuhi kebutuhan masyarakat modern.

Dengan begitu banyak perubahan dalam cara orang berolahraga dan bersosialisasi, gym mewah berperan penting dalam membentuk gaya hidup masyarakat saat ini.

Perubahan pola hidup ini menunjukkan bahwa kebugaran kini telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari masyarakat, menciptakan komunitas yang saling mendukung dalam mencapai tujuan kesehatan dan kebugaran.

Related Topics

GymOlahraga

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

IDN Channels

Most Popular

Daftar Menteri Kabinet Prabowo dan Jabatannya, Lengkap!
Tugas Luhut usai Dilantik jadi Ketua Dewan Ekonomi Nasional
Ini Profil 3 Eks-Bankir yang Masuk Kabinet Presiden Prabowo
Izin Usaha Investree Dicabut OJK, Bagaimana Nasib Nasabah?
Prabowo Lantik Raffi Ahmad hingga Gus Miftah Jadi Utusan Presiden
Prabowo Lantik Luhut Jadi Kepala Dewan Ekonomi Nasional