Master Print (PTMR) Beli 99% Saham GPK Pasca-IPO, Nilai Rp25 M

Master Print meraup Rp55,6 miliar dari IPO.

Master Print (PTMR) Beli 99% Saham GPK Pasca-IPO, Nilai Rp25 M
IPO PT Master Print Tbk (PTMR) di Bursa Efek Indonesia, Selasa (8/10).
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • PT Master Print Tbk (PTMR) akan mengakuisisi 99% saham PT Global Putra Kusuma (GPK) dengan nilai Rp25,09 miliar untuk ekspansi pasca IPO.
  • Pembelian saham GPK dilakukan dari PT KUS Global Investama, PT Kencana Usaha Sentosa, dan Direktur PTMR dengan dana diambil dari hasil pencatatan saham perdana (IPO).
  • Akuisisi saham GPK diharapkan meningkatkan penjualan produk dan profit margin hingga 30% pada 2025 serta menambah prinsipal ke pasar yang lebih luas.

Jakarta, FORTUNE - PT Master Print Tbk (PTMR) akan segera mengakuisisi 247.500 atau 99 persen saham PT Global Putra Kusuma (GPK) untuk ekspansi pasar selepas IPO (Initial Public Offering). Nilainya Rp25,09 miliar.

Secara detail, perseroan akan membeli 197.500 saham GPK dari PT KUS Global Investama (KGI), juga 47.500 saham GPK milik PT Kencana Usaha Sentosa (KUS), dan 2.500 saham lagi dari Direktur PTMR, Cindy Kusuma. Adapun, perseroan mengalokasikan dana Rp25,09 miliar yang diambil dari hasil pencatatan saham perdana (IPO).

"Targetnya [pembelian akan dilakukan] dalam sebulan ini ya, sudah ada pergerakannya, secepatnya [akan diselesaikan]," kata Cindy ihwal rencana pengambilalihan saham GPK, saat ditemui di Bursa Efek Indonesia selesai seremoni IPO PTMR, Selasa (8/10).

Dengan akuisisi saham GPK, perseroan akan menambah produk dan prinsipal ke pasar yang lebih luas, yakni ke segmen UMKM. Dus, transaksi itu diharap mampu meningkatkan penjualan produk dan mendongkrak profit margin. Melalui sinergi itu, GPK juga berpeluang menjadi distributor produk yang dijualnya.

Hingga akhir 2024 ini, Master Print memproyeksikan pertumbuhan kinerja hingga 20 persen (YoY). Per Agustus 2024, pertumbuhan kinerja sudah mencapai 14 persen (YoY).

Pada 2025, target perseroan lebih tinggi lagi, yakni 25–30 persen (YoY), dengan katalis positif dari akuisisi saham GPK. "Kami percaya dengan penambahan produk, prinsipal, dan partner yang baru, juga dari GPK, penambahan pasarnya sangat besar ya, misal dari UMKM kosmetik, sekarang kan banyak sekali ya," jelas Cindy.

Adapun, PTMR kini memiliki 13 prinsipal yang berasal dari berbagai negara, termasuk Italia, Jerman, Korea, Vietnam, dan Amerika Serikat. Merek-mereknya adalah Tayiyeh, Rynan, Now System, Gurki, Shanghai Baixin, Dalian Sunly, Sealed Air, Optima, dan Maxima, untuk menyebut beberapa.

PTMR melayani berbagai segmen pasar, yang mencakup FMCG, farmasi, kosmetik, personal hygiene, alat tulis, e-commerce, dan hub distributor. Saat ini, kontribusi penjualan terbesar berasal dari segmen food and beverage alias bagian dari FMCG (68 persen). Lalu diikuti oleh farmasi dan personal hygiene (masing-masing 13 persen), sedangkan sisanya datang dari segmen lainnya.

Sebelumnya, PTMR menawarkan sahamnya pada harga Rp 128 per saham dengan jumlah seluruh nilai penawaran umum sebesar Rp55,68 miliar. Perseroan melepas 435 juta lembar saham yang mewakili 22,81% dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam Perseroan setelah penawaran umum perdana. Ada kelebihan pencatatan sebesar 20 kali lipat pada aksi IPO PTMR.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

5 Perbedaan JKN, KIS dan BPJS Kesehatan, Harus Tahu!
Kejar Profit, Unilever Rombak Rantai Pasok Bisnis Home Care di Eropa
Data OJK: Warga Indonesia Banyak Tak Patuh Bayar Utang Paylater
Kemendag: Aplikasi Temu Bisa Dapat Izin jika Taati Aturan Permendag 31
Apple Belum Investasi Penuh di Indonesia, Halangi Masuknya iPhone 16
49.062 Orang Dapat Insentif Motor Listrik, Ini Cara Pengajuannya