Pestapora 2024 Beri Ruang Luas Bagi Karya Musisi Perempuan Indonesia

Pestapora ingin hadirkan inklusivitas di festival musik.

Pestapora 2024 Beri Ruang Luas Bagi Karya Musisi Perempuan Indonesia
Voice of Baceprot, salah satu penampil di hari kedua Pestapora 2024. (Fortuneidn/Bayu Satito)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Festival Musik Pestapora 2024 tampil kian matang, dengan berbagai konsep unik dan seru. Tak hanya mengangkat musik Indonesia, event musik tersebut juga memberi ruang lebih banyak kepada musisi-Musisi Perempuan di Indonesia, untuk bisa menampilkan karya-karya mereka.

Direktur Boss Creator–penyelenggara Pestapora–Kiki Aulia Ucup, mengatakan bahwa hari kedua Pestapora 2024 (21/9) menghadirkan lebih banyak musisi perempuan Indonesia, baik dalam format band maupun solo. “Banyak pelaku musik wanita di Indonesia, namun ruang mereka terkadang tidak begitu terlihat,” ujarnya kepada Fortune Indonesia, Minggu (22/9).

Ucup mengungkapkan bahwa Pestapora ingin menunjukkan apresiasi pada kreativitas musisi perempuan Indonesia di panggung musik, sekaligus merayakan keberagaman dan inklusivitas dalam industri musik yang terus berevolusi. Dengan begitu, festival musik yang lahir di tengah masa pandemi Covid-19 (2022) bukan hanya jadi penggerak musik Indonesia, tapi juga menginspirasi.

“Pestapora 2024 adalah wujud perayaan atas keberagaman dan kekuatan perempuandalam dunia musik. Kami ingin menunjukkan bahwa perempuan memiliki peran pentingdalam memajukan industri musik Indonesia,” kata Ucup.

Deretan musisi perempuan Indonesia

Elda Suryani, vokalis band Stars and Rabbit. (Fortuneidn/Bayu Satito)

Ucup mengatakan, dari sekitar 107 penampil yang jadi bagian line up di hari kedua gelaran Pestapora 2024, sekitar 90 penampil adalah musisi perempuan. Musisi tersebut tampil dengan beragam format, baik solo, duo, grup, full band, atau menjadi leader dari sebuah band.

Dari panggung terbesar bertajuk Pestapora, Maudy Ayunda, Bunga Citra Lestari, JKT48, sampai band Cokelat yang dimotori oleh vokalis perempuan Kikan, berhasil memikat ribuan penggemarnya. Sementara di panggung Boss, ada Duo Maia, Mahalini, Mulan Jameela, sampai Bernadya, yang  sukses menjadi pusat perhatian para penonton pria maupun wanita.

Adapun, di panggung Hingar Bingar ada band perempuan asal Garut, Voice of Baceprot, yang sudah mendunia; serta Stars and Rabbit yang digawangi vokalis perempuan Elda Suryani. Panggung Riang Gembira juga tak kalah seru dengan kehadiran musisi Nadin Amizah dan rapper perempuan Indonesia yang menjuluki dirinya Ramengvrl. Sementara, di panggung Gegap Gempita, ada Isyana Sarasvati dan Danilla yang berhasil membius penonton dengan lagu-lagu dari album awal mereka.

Musisi dari generasi lama, seperti Vina Panduwinata pun tak kalah menarik untuk disimak. Belum lagi, grup musisi perempuan yang unik seperti Mother Bank pun turut menyemarakkan suasana kemeriahan Pestapora.

Sejumlah nama musisi perempuan di atas hanyalah sebagian dari sosok perempuan lainnya yang mendominasi 17 area panggung di sepanjang Pestapora 2024 hari kedua.

Satu hal yang pasti, kata Ucup, penghargaan bagi para musisi perempuan ini membuktikan acara ini untuk semua gender, umur, golongan, dan berbagai latar belakang. “Kami ingin membuat sesuatu yang lebih spesial,” ujarnya.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

1.000 Perusahaan Terpercaya Dunia 2024, 23 dari Indonesia!
Manajemen BREN Buka Suara Soal Penyebab Keluar Indeks FTSE
KPPU Ungkap Penyebab Harga Tiket Pesawat di Indonesia Mahal
PHK Guncang Sektor Otomotif, GM Berhentikan 1.700 Karyawan
Pelajaran Berharga Kisah Kepemimpinan John Donahoe di Nike
Kenali Dampak Kebijakan The Fed Bagi Perekonomian Indonesia