Demi Keberlanjutan MSIG Indonesia dan MSIG Life, Tempuh Strategi Ini

Dampak nyata dalam pelestarian lingkungan.

Demi Keberlanjutan MSIG Indonesia dan MSIG Life, Tempuh Strategi Ini
Dok. Asuransi MSIG Life
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Asuransi MSIG Indonesia (MSIG Indonesia) bersama dengan PT MSIG Life Insurance Indonesia Tbk (MSIG Life) menggelar rangkaian kegiatan dalam rangka kampanye keberlanjutan tahunan dengan tema "Keanekaragaman Hayati dalam Menghadapi Perubahan Iklim". Kegiatan berupa Kelas Kreatif Keanekaragaman Hayati atau Biodiversity Fun Class (BDFC) ini berlangsung di tiga lokasi yaitu salah satu sekolah dasar negeri (SDN) di wilayah Tangerang pada 13 Juni, Jakarta Barat pada 19 Juni, dan Bogor pada 20 Juni 2024, dengan peserta murid-murid kelas 5 SD.

Sebagai perusahaan yang peduli dengan keberlanjutan, MSIG Indonesia dan MSIG Life berkomitmen untuk berpartisipasi dalam upaya menahan laju perubahan iklim dengan melestarikan dan melindungi keanekaragaman hayati. Inisiatif ini tidak hanya bertujuan untuk masa depan bumi, tetapi juga untuk generasi mendatang.

Direktur MSIG Indonesia, Soichiro Tsuchida, menyatakan keberlanjutan bukan hanya sebuah konsep, tetapi adalah tanggung jawab. Melalui kolaborasi dengan MSIG Life dan dukungan dari berbagai organisasi seperti GNOTA dan Save the Children, pihaknya berusaha memberikan dampak nyata dalam upaya pelestarian lingkungan.

"Melalui Biodiversity Fun Class, kami tidak hanya mengedukasi anak-anak tentang pentingnya keanekaragaman hayati tetapi juga menginspirasi mereka untuk menjadi pelindung bumi di masa depan," katanya.

Menurut laporan terakhir dari WWF pada 2022, populasi satwa liar telah menurun rata-rata 69 persen sejak tahun 1970, dengan penurunan yang signifikan terutama pada populasi spesies air tawar yang menurun sebesar 83 persen. Ancaman terbesar terhadap keanekaragaman hayati ini termasuk hilangnya habitat, eksploitasi berlebihan, dan perubahan iklim.

Lebih jauh, menurut artikel terbaru yang dipublikasikan pada 1 Februari 2024 dari ASEAN Centre for Biodiversity (ACB), populasi satwa liar di Asia Tenggara mengalami penurunan yang signifikan, dengan berbagai ancaman terhadap keanekaragaman hayati di wilayah ini. Selain itu, hutan di wilayah ini terus menurun dengan laju sekitar 8.000 km2 per tahun akibat konversi lahan untuk pertanian dan pemukiman​.

Edukasi lingkungan dan perubahan iklim

Direktur MSIG Life, Ken Terada, menegaskan kolaborasi MSIG Life dan MSIG Indonesia merupakan investasi nyata untuk masa depan Indonesia yang lebih baik. "Sejalan dengan fokus kami memberdayakan keluarga, kami yakin bahwa lingkungan yang lestari adalah fondasi untuk meningkatkan kualitas dan ketahanan hidup keluarga Indonesia, di mana generasi muda berperan sebagai agen perubahan untuk mewujudkan masa depan yang lebih bermakna," katanya.

Sebanyak 24 relawan yang merupakan karyawan MSIG Indonesia dan MSIG Life menjadi pendamping murid-murid saat kegiatan di sekolah. Sebelum kunjungan ke sekolah, para relawan mendapatkan pengetahuan mendalam tentang keanekaragaman hayati dari Amin Suryani, Climate Change Adaptation Advisor dari Save the Children. 

Melalui rangkaian kegiatan seperti menonton video pengenalan isu perubahan iklim, kegiatan interaktif dan story-telling tentang jenis-jenis sampah dan pilah sampah, serta percobaan sains sederhana bertajuk "Dampak Efek Gas Rumah Kaca" dan "Dampak Gletser yang Mencair", anak-anak belajar mengenai dampak perubahan iklim dan pentingnya menjaga keanekaragaman hayati.

Rangkaian ini diharapkan memberikan pemahaman mendalam mengenai dampak kegiatan sehari-hari terhadap perubahan iklim dan bagaimana perubahan kecil yang mereka lakukan dapat memberi dampak besar di masa depan.

MSIG Indonesia menyadari bahwa banyak sekolah di daerah pedesaan mungkin tidak memiliki akses ke sumber daya dan kesempatan yang sama dengan sekolah di perkotaan. Dengan mengadakan kelas ini di sekolah-sekolah pedesaan, anak-anak yang sebelumnya tidak memiliki kesempatan untuk belajar tentang pelestarian keanekaragaman hayati dapat dijangkau, terlepas dari lokasi atau status ekonomi mereka.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

IDN Channels

Most Popular

Kebijakan Perdagangan Internasional dan Tujuannya yang Harus Diketahui
Menabung atau Investasi? Ini Kelebihan dan Kekurangannya
Cara Daftar NPWP Secara Online dan Datang Langsung 2024
5 Negara Terkaya di Asia Tenggara 2024, Ada Indonesia?
Daftar Harga BBM Pertamina Per 1 Juli 2024
Emiten TP Rachmat Ekspansi, Bangun Pabrik di Cirebon