Mengenal Sugiono, Anak Ideologis Prabowo yang Jadi Menteri Luar Negeri

Menjabat direktur kampanye Prabowo pada Pilpres 2019.

Mengenal Sugiono, Anak Ideologis Prabowo yang Jadi Menteri Luar Negeri
ugiono terpilih sebagai Menteri Luar Negeri dalam kabinet Merah Putih. (Doc: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • Sugiono, bukan diplomat karier, lahir di Takengon, Aceh, dan mendapat beasiswa dari Prabowo untuk belajar di Amerika Serikat.
  • Sugiono dikenal sebagai anak ideologis Prabowo Subianto dan memiliki karier politik yang cemerlang di Partai Gerindra.

Jakarta, FORTUNE - Presiden Prabowo Subianto melantik Sugiono sebagai Menteri Luar Negeri (Menlu) pada Kabinet Merah Putih periode 2024-2029. Sugiono, yang merupakan Wakil Ketua Umum Gerindra Bidang Kaderisasi dan Informasi Strategis, menjadi Menlu pertama sejak 2001 yang bukan berasal dari diplomat karier. 

Lantas seperti apa rekam jejak Sugiono hingga Prabowo mengangkatnya sebagai Menlu?

Sugiono lahir di Takengon, Aceh, pada 11 Februari 1979. Ia mengenyam pendidikan dasar di SDN Takengon dari 1985 hingga 1991, dan pendidikan menengah pertama di SMPN 3 Banda Aceh dari 1991 hingga 1994. Setelahnya, ia merantau ke Magelang dan menempuh pendidikan pada Sekolah Menengah Atas Taruna Nusantara, dan dinyatakan lulus dari SMA tersebut pada 1997.

Usai lulus SMA, Sugiono mendapat beasiswa dari presiden terpilih Indonesia, Prabowo Subianto, untuk mengenyam pendidikan di kampus militer Norwich University, Amerika Serikat, Jurusan Ilmu Komputer. Saat itu, Prabowo masih menjabat sebagai Danjen Kopassus dan meluncurkan program pengiriman alumni SMA Taruna Nusantara ke perguruan tinggi militer di Amerika Serikat melalui beasiswa.

Lulus dari Norwich University, Sugiono melanjutkan pendidikan militer di TNI Angkatan Darat pada 2000 dan lulus pada 2002. Namun demikian, pada 2004 ia memutuskan pensiun dini dari TNI dengan pangkat terakhir Letnan Dua Korps Infanteri.

Laman resmi Partai Gerindra menginformasikan Sugiono sebagai anak ideologis Prabowo. Telah sejak lama ia menjadi pemuda yang kerap menjadi kawan diskusi dan telah menjadi sekretaris pribadi (sespri) Prabowo saat masih berseragam tentara.

Karier politiknya dimulai ketika Partai Gerindra didirikan pada 2008. Dia bergabung menjabat sebagai anggota Dewan Pendiri Partai Gerindra. Ia kemudian menjabat sebagai Wakil Ketua Umum dan Harian DPP Gerindra untuk periode 2020-2025. Selain itu, antara 2021 hingga 2024, ia juga menjabat sebagai Ketua Fraksi Gerindra di MPR.

Selain di partai, pada Pilpres 2019 Sugiono dipercaya menjadi direktur kampanye pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

Daftar Menteri Kabinet Prabowo dan Jabatannya, Lengkap!
Tugas Luhut usai Dilantik jadi Ketua Dewan Ekonomi Nasional
Prabowo Lantik Luhut Jadi Kepala Dewan Ekonomi Nasional
Prabowo Berencana Ubah Skema Penyaluran Subsidi agar Tepat Sasaran
Profil Dody Hanggodo, Menteri Pekerjaan Umum Pilihan Prabowo
Empat Orang Terkait Haji Isam Masuk Kabinet, Ini Afiliasi Bisnisnya