16 Perjalanan Whoosh Dibatalkan Akibat Gempa di Bandung, Bisa Refund?

Akibat pembatalan, dana akan dikembalikan 100%.

16 Perjalanan Whoosh Dibatalkan Akibat Gempa di Bandung, Bisa Refund?
Penumpang menunggu jadwal pemberangkatan kereta WHOOSH di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta, Jumat (10/11/2023). ANTARA FOTO/Hreeloita Dharma Shanti
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Sebanyak 16 perjalanan Kereta Cepat Whoosh dibatalkan akibat adanya Gempa berkekuatan magnitudo 5 di wilayah Kabupaten Bandung. Perjalanan dari pukul 09.47 hingga 14.32 dibatalkan, dengan perincian 8 perjalanan dari Halim dan 8 perjalanan dari Tegalluar Summarecon. 

General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Ia menjelaskan gempa yang terjadi secara berulang hingga 8 kali gempa susulan membuat pihaknya harus melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. 

"Pemeriksaan dilakukan untuk kondisi eksternal, yakni area di luar jalur rel karena khawatir ada titik longsor atau potensi gangguan eksternal lain yang berdampak ke jalur kereta cepat Whoosh," kata Eva melalui keterangan resmi di Jakarta, Rabu (18/9).

Akibat pembatalan, dana akan dikembalikan 100%

Ilustrasi: Ring of Fire atau Cincin Api Pasifik yang melingkari Indonesia. (Sumber: wikimedia)

Proses pembatalan tiket secara keseluruhan berjalan lancar di semua stasiun Whoosh. Puluhan petugas tambahan dikerahkan untuk memperlancar pembatalan tiket penumpang yang perjalanannya dibatalkan.

Selain melalui loket stasiun, pembatalan juga dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Whoosh khusus untuk transaksi pembelian tiket yang menggunakan aplikasi Whoosh atau web KCIC. 

"Masyarakat yang sudah membeli tiket dan terdampak pembatalan jadwal dapat melakukan proses pembatalan dengan bea tiket yang akan dikembalikan 100 persen," kata Eva. 

Proses pembatalan dapat dilakukan di seluruh loket Stasiun Whoosh Halim, Padalarang, Tegalluar Summarecon dan Hall KA Feeder Stasiun Bandung. 

Pembatalan dapat dilakukan hingga 3 hari setelah jadwal keberangkatan. Pengguna yang tidak menunggu disarankan dapat melanjutkan perjalanannya menggunakan moda lain dan melakukan proses pembatalan pada hari selanjutnya. 

Mulai pukul 15:02, kereta telah beroperasi normal

KCJB Whoosh. (Tangkapan layar)

Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,0 terjadi di wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Rabu (18/9), pukul 09.41 WIB. 

Namun, mulai pukul 15.02,  Whoosh dari Halim danTegalluar Summarecon kembali beroperasi. Hal ini dapat dilakukan setelah pemeriksaan usai dilakukan, dan jalur dinyatakan dapat dilalui dengan kecepatan terbatas.

"Saat ini secara bertahap perjalanan Whoosh sudah dapat dioperasikan dengan kecepatan terbatas, yaitu maksimum 160 km per jam. Tujuannya untuk lebih memastikan keselamatan perjalanan Whoosh pasca-pemeriksaan," kata Eva.

Dengan keadaan ini, pihaknya juga melakukan penyesuaian waktu perjalanan, yakni dari Halim menuju Padalarang, menjadi 55 menit dan tiba di Tegalluar menjadi hingga 75 menit.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

12 Tahun Dijual, Rumah Mewah Michael Jordan di Chicago Akhirnya Laku
Isak Tangis Sri Mulyani di Banggar DPR Usai Sepakati RUU APBN 2025
OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
Perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara IKN, Jangan Keliru
Alibaba Pertahankan Kepemilikan 88 Miliar Saham GoTo hingga 5 Tahun
Bunga Acuan Turun, BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh 12%