NEWS

KCIC Tanggapi WIKA Soal Proyek Whoosh yang Bikin Rugi

Operasional Whoosh terus mengalami peningkatan.

KCIC Tanggapi WIKA Soal Proyek Whoosh yang Bikin RugiKCJB Whoosh. (Tangkapan layar)
17 July 2024

Fortune Recap

  • PT KCIC menanggapi tudingan WIKA ihwal proyek Kereta Cepat Whoosh yang merugi.
  • KCIC menyatakan proyek sudah mempertimbangkan koordinasi dengan semua stakeholder.
  • Operasional Whoosh terus meningkat, dengan rencana mencapai 62 perjalanan per hari.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) menanggapi soal tudingan PT Wijaya Karya Tbk (Persero) Tbk (WIKA) yang kerugiannya membengkak sebagai akibat dari berlangsungnya proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau Whoosh.

Menanggapi tudingan tersebut, GM Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, mengatakan proyek Whoosh dalam proses pembangunannya telah mempertimbangkan banyak hal yang telah dikoordinasikan dengan semua stakeholder yang terlibat.

“Terkait klaim sebesar Rp5 triliun yang disampaikan pada sejumlah pemberitaan, dapat kami sampaikan bahwa dalam prosesnya semua yang berkaitan dengan penagihan di KCIC harus melalui prosedur administrasi agar semuanya dapat dipertanggungjawabkan dengan baik—termasuk dari sisi keuangan—sesuai dengan tata kelola perusahaan yang baik (GCG),” kata dia lewat keterangannya, dikutip Rabu (17/7).

Lebih lanjut, Eva mengatakan saat ini operasional Whoosh terus mengalami peningkatan. Jumlah perjalanan bertambah dari sebelumnya 14 perjalanan reguler per hari pada Oktober 2023, menjadi 48 perjalanan reguler per hari sejak Mei 2024.

Selanjutnya pada awal 2025 nanti, jumlah perjalanan kereta direncanakan dapat mencapai hingga 62 per hari.

Rata-rata volume penumpang Whoosh per hari secara bertahap juga meningkat, dengan yang tertinggi saat ini telah mencapai 24.000 per hari.

Perseroan manergetkan jumlah penumpang per hari mencapai 30.000 orang.

"Sejumlah peningkatan terus dilakukan KCIC. Salah satunya, memberikan kemudahan untuk masyarakat dapat menjangkau stasiun Whoosh dengan menghadirkan integrasi antarmoda. Saat ini seluruh stasiun Whoosh yang beroperasi sudah terintegrasi dengan berbagai moda transportasi lainnya," ujarnya.
 

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.