NEWS

Jokowi Sebut Jalan Tol di Indonesia Jauh Tertinggal dari Cina

Jalan tol Indonesia baru 2.800 km, sdangkan Cina 280.000 km.

Jokowi Sebut Jalan Tol di Indonesia Jauh Tertinggal dari CinaJokowi resmikan jalan tol Indralaya-Prabumulih, Kamis (26/10). (Tangkapan layar)
26 October 2023

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Indonesia masih jauh tertinggal dari Cina terkait pembangunan infrastruktur jalan tol.

Untuk itu, Indoneisa harus meningkatkan daya saingnya agar bisa menyamai negara-negara lain seperti Cina. “Baru 2.800 kilometer, jalan tol yang dimiliki Indonesia, Cina sudah 280.000 kilometer. Betapa masih sangat jauhnya daya saing kita,” ujarnya saat meresmikan ruas jalan tol Indralaya-Prabumulih, di Sumatra Selatan, Kamis (26/10).

Menurutnya, infrastruktur jalan tol merupakan salah satu syarat penting untuk bisa meningkatkan daya saing Indonesia. Oleh sebab itu, pembangunan infrastruktur harus terus dikejar baik melalui mekanisme APBN, pembangunan oleh BUMN, maupun kerja sama dengan sektor swasta. Ketiga hal ini pun selama ini sudah dikerjakan secara paralel.

Ruas Indralaya-Prabumulih

Presiden Jokowi resmikan jalan tol Indralaya-Prabumulih, Kamis (26/10).
Presiden Jokowi resmikan jalan tol Indralaya-Prabumulih, Kamis (26/10). (Tangkapan layar)

Jokowi mengungkapkan bahwa ruas jalan tol Indralaya-Prabumulih yang mulai dibangun pada 2019 terbentang sepanjang 64,5 kilometer. Adapun biaya yang digelontorkan untuk proyek ini sekitar Rp12,5 triliun rupiah.

Dengan adanya ruas jalan tol ini, maka waktu tempuh Palembang-Lampung dapat terpangkas menjadi hanya 3,5 jam dari yang sebelumnya memakan waktu 10-15 jam. “Kita harapkan dengan pembangunan ini akan ada kecepatan mobilitas barang dan jasa, sehingga daya saing kita menjadi semakin baik,” ujarnya.

Seperti diketahui, tol ruas Sumatra, memiliki target panjang 2.749 kilometer dengan koridor utama 1.889 kilometer, dengan koridor pendukung 860 kilometer. Sementara, tol penghubung Palembang-Lampung mencapai 330 kilometer.

Optimalisasi investasi

Jokowi resmikan jalan tol Indralaya-Prabumulih, Kamis (26/10).
Jokowi resmikan jalan tol Indralaya-Prabumulih, Kamis (26/10). (Tangkapan layar)

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.