NEWS

Mengenal Material Baja dan Ragam Jenisnya

Baja adalah bagian penting pembangunan peradaban modern.

Mengenal Material Baja dan Ragam JenisnyaShutterstock/TGeorge
26 August 2024

Jakarta, FORTUNE – Indonesia adalah salah satu negara yang terkenal sebagai produsen sekaligus pengekspor Baja di dunia. Baja merupakan salah satu jenis material logam yang paling umum digunakan di seluruh dunia.

Material ini terbuat dari paduan logam besi (Fe) dan karbon (C), dengan penambahan unsur-unsur lain, seperti nikel (Ni), krom (Cr), mangan (Mn), vanadium (V), Molibdenum (Mo), Silikon (Si), dan Alumunium (Al). Komposisi ini memberikan sifat-sifat khusus pada baja.

Menurut laman alvindocs.com, baja berperan penting dalam sejarah peradaban manusia, terutama dalam evolusi teknologi dan industri.  Sejarah perkembangan baja mencerminkan evolusi teknologi dan industri manusia dari masa ke masa, mulai dari pembuatan besi yang sederhana hingga proses pembuatan baja modern yang sangat efisien. Dengan kata lain, baja adalah salah satu material penting yang membangun peradaban modern manusia.

Dalam perkembangannya, baja kerap diaplikasikan ke banyak hal, seperti konstruksi gedung, transportasi, permesinan, properti, sampai dengan peralatan rumah tangga.

Dengan demikian, banyak jenis material baja yang umum digunakan di sekitar kehidupan manusia. Berikut beberapa jenis baja dan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari.

Baja Karbon

Ilustrasi industri baja. Shutterstock/ABCDStock

Baja karbon atau carbon steel adalah jenis baja yang mengandung unsur karbon sebagai unsur utama dalam komposisinya. Meski kandungannya tak sebanyak karbon, pada jenis ini biasanya terdapat juga kadar unsur lain, seperti mangan dan silikon.

Jenis baja karbon ini bisa dikategorikan menjadi tiga tipe berdasarkan kandungan karbon di dalamnya, yakni:

  1. Low Carbon Steel (Baja Karbon Rendah)
    Tipe ini memiliki kandungan karbon yang rendah, biasanya kurang dari 0,3 persen dan merupakan baja yang sangat lentur dan mudah dibentuk, sehingga cocok untuk peralatan yang memerlukan proses pembentukan seperti pembuatan lembaran logam, pipa, kabel, dan baut.
  2. Medium Carbon Steel (Baja Karbon Menengah)
    Kandungan karbon pada medium carbon steel ada pada 0,3 hingga 0,6 persen. Baja ini tentunya memiliki kekuatan yang lebih tinggi daripada jenis low carbon steel dan biasa digunakan dalam pembuatan roda gigi, poros, dan komponen mesin lain yang memerlukan kekuatan dan keuletan.
  3. High Carbon Steel (Baja Karbon Tinggi)
    Jenis baja karbon ini memiliki kandungan karbon paling tinggi, yaitu lebih dari 0,6 persen. Jadi, sudah dipastikan bahwa kekuatannya lebih besar dari dua jenis lainnya, namun tingkat keuletannya sangat rendah. Oleh karena itu, tipe ini sering digunakan dalam aplikasi yang memerlukan kekuatan yang tinggi, seperti pisau, paku, dan perkakas tangan.

Baja Paduan

Ilustrasi: besi baja PT Long Teng.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.