NEWS

Mengenal Apa Itu Protection Visa dari Pemerintah Australia

Pemegang Protection Visa bisa hidup layaknya warga negara.

Mengenal Apa Itu Protection Visa dari Pemerintah Australiailustrasi negara Australia (pexels.com/Ben Mack)
13 April 2023

Jakarta, FORTUNE – Penasehat Hukum, Ghinda Ansori, melaporkan pemilik akun TikTok @awbimaxreborn yang mengritik pemerintah Lampung dalam unggahan video berjudul ‘Alasan Kenapa Lampung Gak Maju-Maju’. Alih-alih menghadapi laporan tersebut, sang kreator TikTok justru mengunggah penjelasan tentang Protection Visa dari pemerintah Australia, yang mampu memberinya perlindungan. 

Pemilik akun yang bernama Bima Yudho Saputro ini sedang menjalani pendidikan di negara Kangguru tersebut. Ia merupakan mahasiswa Diploma Pemasaran Digital, Komunikasi Digital dan Media/Multimedia di Perguruan Tinggi Intelijen Bisnis Australia.

Bima pun membalas kabar pelaporan tersebut dengan mencantumkan penjelasan tentang Protection Visa (subclass 866). Bila ia mendapatkan jenis visa ini, maka Kepolisian Indonesia tak akan bisa menangkap Bima, karena ia mendapatkan perlindungan dari Australia secara sah.

Lantas, bagaimana Bima bisa mendapatkan Protection Visa dari pemerintah Australia? Apa sebenarnya Protection Visa itu? Merangkum dari beberapa sumber, berikut penjelasannya. 

Protection Visa

Mengutip immi.homeaffairs.gov.au, pemerintah Australia memiliki program visa bagi warga negara lain yang ingin mencari suaka ke negara benua itu. Protection Visa termasuk program pengungsi dan kemanusiaan milik Kementerian Dalam Negeri Australia.

Bila visa ini disetujui oleh pemerintah, maka pemohon bisa tinggal di Australia secara permanen bahkan memiliki kesempatan belajar dan layanan kesehatan. Menurut laman resmi ini, Protection Visa bisa didapatkan seharag US$40 atau sekitar Rp397.000.

Untuk jenis Protection Visa (subclass 866), memungkinkan pemiliknya bisa tinggal dan menetap di Australia, bahkan bekerja di negara tersebut. Selain itu, Visa ini bahkan dapat mensponsori anggota keluarga yang memenuhi syarat. Berikut syarat untuk mendapatkan visa ini :

  • Sudah berada di Australia
  • Tiba di Australia secara legal dengan visa yang sah
  • Terlibat dalam kewajiban perlindungan Australia
  • Memenuhi persyaratan kesehatan, karakter, keamanan, dan identitas kita
  • Tidak dilarang untuk mengajukan perlindungan

Untuk mendaftar, Anda bisa langsung masuk ke laman resmi immi.homeaffairs.gov.au, masuk ke bagian visa dan mengikuti langkah untuk mendapatkan Protection Visa.

Program pengungsi dan kemanusiaan

Program pengungsi dan kemanusiaan (refugee and humanitarian), merupakan sebuah program dari pemerintah Australia yang akan memberikan perlindungan pada warga negara lain yang mengalami persekusi di negara asal dan berada dalam kondisi terancam atau membahayakan. Selain Protection Visa, terdapat beberapa jenis visa lainnya.

Namun sebelum mengajukan, Anda perlu memahami terdapat tiga situasi yang memungkinkan Anda mengikuti program pengungsi dan kemanusiaan dari Australia, antara lain masuk Australia secara sah dan lolos imigrasi; mendapat penolakan imigrasi dari perbatasan; atau masuk ke Australia secara illegal.

Jika pemohon suaka sebelumnya mendapat penolakan dari pihak imigrasi Australia, maka kemungkinannya ia akan mendapat proteksi temporal dalam bentuk 3 tahun Temporary Protection visa (subclass 785) atau 5 tahun Safe Haven Enterprise visa (subclass 790).

Sementara, jika individu dari negara lain ini tiba di Australia dengan visa yang sah dan diizinkan memasuki perbatasan dan lolos, maka dia bisa mencari perlindungan di Australia melalui Protection Visa (subclass 866).

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.