NEWS

Sandiaga Uno: Penggunaan Stadion Sebagai Venue Event Tak Terhindarkan

Event besar diperlukan untuk topang pertumbuhan ekonomi.

Sandiaga Uno: Penggunaan Stadion Sebagai Venue Event Tak TerhindarkanStadion Utama Gelora Bung Karno. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
21 March 2023

Jakarta, FORTUNE – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menjawab kritikan masyarakat terkait penggunaan stadion olah raga sebagai lokasi panggung konser musik. Menurutnya, penggunaan stadion sepakbola bagi penyelenggaraan event besar dan berskala internasional hal yang tak terhindarkan.

Terlebih, dalam penyelenggaraan event besar tersebut berpotensi mendatangkan wisatawan. “Kita harus memastikan venue-venue kita untuk mampu mendorong pergerakan wisatawan nusantara dan penonton konser, misanya seperti di konser Raisa dan Blackpink. Ini event yang bukan hanya mendatangkan wisatawan nusantara, tapi juga wisatawan mancanegara dalam jumlah yang besar,” ujarnya dalam Weekly Press Briefing, Senin (21/3).

Meski begitu, ia memastikan bahwa fungsi utama stadion seperti Gelora Bung Karno tetap sebagai sarana olah raga, rekreasi, dan sosial budaya. “Mari kita pastikan jadwal penggunaannya dengan seksama, dan pastikan bahwa GBK bisa memberikan standar yang bagus untuk penyelenggaraan event,” katanya.

Perbanyak venue

Menparekraf, Sandiaga S. Uno.
Menparekraf, Sandiaga S. Uno. (Tangkapan layar)

Dengan meningkatnya jumlah penyelenggaraan event-event di Indonesia sepanjang.tahun ini setelah cukup lama vakum akibat pandemi Covid-19, Sandiaga berharap venue kini juga bisa terus bertambah banyak dengan kualitas tinggi dan inovatif.

“Kami sangat mendukung bila mana ada sektor swasta yang berinisiatif menciptakan venue-venue baru,” kata Sandiaga menguraikan.

Event adalah salah satu subsektor ekonomi kreatif yang terus didorong oleh pemerintah untuk jadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Tak hanya menguntungkan pihak penyelenggara dan peserta yang hadir, namun terlebih lagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang merupakan masyarakat di sekitar venue.

Persiapan Piala Dunia U-20

Konser Blackpink.
Konser Blackpink. (ANTARA FOTO/Rianti)

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.