NEWS

Pilihan Cara Cek Keaslian Sertifikat Emas Antam

Pastikan investasi emas Anda aman dan bisa diandalkan.

Pilihan Cara Cek Keaslian Sertifikat Emas AntamPetugas menunjukkan emas Antam di Butik Emas Logam Mulia Antam Denpasar Bali, Kamis (9/9/2021). ANTARA FOTO/Nyoman Hendra
03 June 2024

Jakarta, FORTUNE – Investasi Emas masih jadi primadona instrumen yang aman dan bisa diandalkan. Namun, kasus emas palsu yang terjadi-seperti kasus Antam-beberapa waktu terakhir, membuat Anda tetap harus waspada atas semua kemungkinan masalah yang bisa terjadi di kemudian hari.

Sbeelumnya, Kejaksaan Agung bahkan bisa mengusut kasus 109 ton emas Antam Logam Mulia yang dianggap palsu dan menyeret enam mantan General Manager PT Antam sebagai tersangka kasus dugaan korupsi. Mereka dituduh telah meyalahgunakan kewenangannya dengan melakukan aktivitas secara ilegal pada jasa manufaktur.

Untuk menghindari hal ini, salah satu yang perlu diperhatikan adalah memastikan keaslian sertifikat emas, yang bisa menjadi jaminan keamanan dan kemurnian emas. Berikut ini, Fortune Indonesia akan mengulas beberapa cara untuk mengecek keaslian sertifikat emas Antam, seperti dikutip dari laman resmi perusahaan. 

Teliti fisik sertifikat di bawah lampu

Cara ini adalah yang termudah untuk melakukan pengecekan keaslian sertifikat, dengan mengarahkannya ke bawah sinar lampu atau matahari.

Sebagai indikator, jika dalam sertifikat itu terdapat logo air mirip huruf C bolak-balik yang saling terkait, maka sertifikat tersebut asli.

Huruf C saling terkait itu adalah simbol S, bermakna Swadharma, atau pihak yang mengeluarkan sertifikat Antam itu.

Periksa sertifikat dengan menggunakan sinar UV

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan dengan melihat simbol Swadharma di bawah sinar ultraviolet (UV). Melalui pancaran sinar UV, benang pendar akan lebih jelas terlihat pada salah satu sisi sertifikat, apalagi bila dilihat dengan mata telanjang sulit dilakukan.

Selain benang, ada juga blok yang berpendar dan terlihat pada lembaran sertifikat emas Antam asli di bawah pancaran sinar UV.

Anda juga bisa mencocokkan nomor seri yang ada pada sertifikat emas Antam dengan nomor yang tertera pada emas batangan. Jika ditemukan kecocokan, maka sertifikat serta emas artinya memang asli.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.