NEWS

7 Beasiswa S1 Dalam Negeri yang Paling Diminati, Apa Saja?

Simak persyaratannya!

7 Beasiswa S1 Dalam Negeri yang Paling Diminati, Apa Saja?ilustrasi beasiswa (unsplash/Rut miit)
21 May 2024

Beasiswa menjadi salah satu program yang sangat membantu mahasiswa yang ingin berkuliah, tetapi mengalami kendala finansial. Tidak heran, ada cukup banyak mahasiswa yang mendaftarkan program mahasiswa untuk bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik.

Untuk mewujudkan hal tersebut, ada banyak program beasiswa S1 dalam negeri yang ditawarkan pada pelajar Indonesia. Beberapa di antaranya juga populer dan sangat diminati. Pasalnya, ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan untuk menunjang proses belajar dan karir.

Bagi Anda yang tertarik dengan programnya, berikut beberapa program beasiswa untuk jenjang sarjana yang bisa Anda coba.

1. Beasiswa Bank Indonesia

Untuk membantu mahasiswa yang mengalami kesulitan finansial, Bank Indonesia menawarkan program beasiswa bagi pelajar Indonesia. Program Generasi Baru Indonesia (GenBI) menjadi program beasiswa yang ditawarkan untuk meningkatkan kualitas generasi muda bangsa.

Beasiswa satu ini diberikan pada pelajar dengan jenjang pendidikan S1 dan D3. Terdapat dua pilihan program yang ditawarkan, yaitu beasiswa unggulan dan beasiswa reguler. Berikut beberapa persyaratan umum yang perlu Anda perhatikan sebelum mendaftarkan diri.

  1. Pendaftar merupakan mahasiswa aktif yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) atau surat keterangan aktif
  2. Telah menyelesaikan sekurang-kurangnya 40 satuan kredit mahasiswa (SKS) atau tiga semester
  3. Tidak sedang menerima beasiswa lain dan tidak terikat dengan instansi lain
  4. Maksimal berusia 23-24 tahun pada saat ditetapkan sebagai penerima mahasiswa
  5. Memiliki pengalaman dalam aktivitas sosial dan berdampak bagi masyarakat
  6. Bersedia untuk berperan aktif, mengelola, dan mengembangkan Generasi Baru Indonesia (GenBI) serta berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia.

Bagi penerima beasiswa ini ada beberapa manfaat yang dapat diterima. Selain bantuan biaya hidup, mahasiswa juga akan mendapatkan tunjangan hidup. Selain itu, penerima beasiswa akan mendapatkan akses untuk bergabung ke komunitas GenBI dan mendapatkan pelatihan dari Bank Indonesia.

2. Beasiswa Tanoto Foundation

Salah satu program beasiswa S1 dalam negeri yang sangat diminati mahasiswa berikutnya adalah beasiswa Tanoto Foundation. Beasiswa ini juga dikenal dengan sebutan program Transformasi Edukasi untuk Melahirkan Pemimpin Masa Depan (TELADAN).

Tanoto Foundation juga sudah bekerja sama dengan universitas negeri ternama di program ini. Mulai dari Universitas Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Sumatera Utara, Institut Teknologi Bandung, Universitas Diponegoro, Universitas Andalas, dan Universitas Riau.

Untuk bisa mendapatkan beasiswa ini, berikut beberapa syarat yang perlu dipenuhi setiap calon penerimanya.

  1. Warga negara Indonesia (WNI)
  2. Pendaftar merupakan mahasiswa reguler (S1) semester pertama di salah satu perguruan tinggi mitra
  3. Menunjukkan potensi kepemimpinan yang kuat dan berkomitmen untuk berkontribusi pada masyarakat dan pembangunan bangsa
  4. Mampu berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan kemampuan berbahasa Inggris akan menjadi nilai tambah
  5. Memiliki prestasi akademik (minimum nilai rata-rata rapor kelas XII SMA/SMK/MA adalah 8 dari skala 10) dan non-akademik
  6. Sedang tidak menerima beasiswa atau mengikuti program dukungan finansial lainnya
  7. Berkomitmen mengikuti Program Pengembangan Kepemimpinan selama program TELADAN (semester 2-8).

Ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan bagi penerima beasiswanya, mulai dari tunjangan hidup setiap bulan, bantuan biaya kuliah hingga semester 8, pelatihan pengembangan kepemimpinan, dan kesempatan untuk mengembangkan diri. 

Selain itu, Anda bisa mendapatkan akses ke jaringan alumni Tanoto Foundation di seluruh Indonesia.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.