NEWS

7 Negara dengan Biaya Kuliah Termurah di Dunia, Mana Saja?

Tawarkan biaya kuliah terjangkau

7 Negara dengan Biaya Kuliah Termurah di Dunia, Mana Saja?ilustrasi berkuliah (unsplash/kenny eliason)
27 May 2024

Biaya termasuk faktor penting yang biasanya menjadi bahan pertimbangan bagi pelajar yang ingin melanjutkan studinya di perguruan tinggi. Terlebih bagi yang ingin melanjutkannya di luar negeri.

Berkuliah di luar negeri identik dengan biaya yang mahal. Namun, kenyataanya ada beberapa negara yang menawarkan biaya kuliah yang tidak begitu mahal. Hal tersebut tentu menjadi penawaran menarik bagi pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan.

Bagi Anda yang sedang mencari negara dengan biaya kuliah yang bisa dijangkau, berikut beberapa Negara Dengan Biaya Kuliah Termurah Di Dunia.

1. Jerman

Salah satu negara di Eropa yang kerap menjadi tujuan pelajar Indonesia adalah Jerman. Dilansir situs Times Higher Education, Jerman termasuk salah satu negara teratas yang menawarkan biaya kuliah yang relatif rendah, terutama untuk pendidikan pascasarjana.

Bahkan, Jerman juga menyediakan kuliah gratis bagi mahasiswa sarjana. Untuk mendapatkannya, Anda tentunya harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku di perguruan tinggi tujuan. Rata-rata biaya kuliah bulanan sebesar 42 dolar AS. 

Tidak hanya biayanya saja, negara ini juga terkenal dengan kualitas pendidikannya yang terjamin. Pasalnya, total ada 22 Universitas di Jerman yang masuk ke dalam jajaran The World University Rankings (WUR) pada tahun 2023.

2. Turki

Turki juga termasuk ke dalam negara dengan biaya kuliah termurah. Dibandingkan dengan kebanyakan negara di Eropa, Turki tergolong banyak diminati pelajar Indonesia karena biayanya yang terjangkau.

Untuk biaya kuliah, Anda harus menyiapkan dana mulai dari 42 ribu dolar AS per bulannya. Selain itu, tidak sedikit universitas di sana yang menawarkan program beasiswa bagi pelajar internasional.

Selain biaya kuliah yang murah, harga sewa apartemen untuk satu kamarnya juga jauh lebih murah dari negara lainnya. Harga termurahnya mulai dipatok dari 346 dolar AS. 

Tidak heran, Turki termasuk negara favorit yang menawarkan biaya kuliah dan sewa tempat tinggi termurah. 

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.