NEWS

Profil Mukesh Ambani, Orang India Terkaya se-Asia

Mencatatkan namanya sebagai orang terkaya ke-9

Profil Mukesh Ambani, Orang India Terkaya se-AsiaMukesh Ambani (Wikmedia Commons)
13 March 2024

Mukesh Ambani, pengusaha asal India belum lama ini sempat mencuri perhatian publik. Pasalnya, beberapa waktu yang lalu, ia menggelar pesta prewedding anaknya dengan mewah. Tak tanggung-tanggung, acara yang digelar di Gujarat ini menghabiskan biaya 120 juta poundsterling Inggris atau sekitar Rp2 triliun.    

Jika membicarakan orang terkaya di Asia, nama Mukesh Ambani sudah tidak asing lagi. Dilansir dari Forbes, ia menempati sebagai orang terkaya ke-9 di Asia. Lantas, siapakah sosok Mukesh Ambani ini, dan dari mana semua kekayaannya berasal? Temukan jawabannya lewat pembahasan profil Mukesh Ambani berikut ini!

Profil Mukesh Ambani

Mukesh Ambani merupakan seorang pebisnis asal India yang lahir pada tanggal 19 April 1957. Ia dikenal sebagai direktur utama Reliance Industries Limited (RIL) yang didirikan oleh Dhirubhai Ambani, ayahnya. Reliance Industries merupakan perusahaan yang bergerak di sektor minyak dan gas, petrokimia, tekstil, telekomunikasi, hingga ritel. 

Ia adalah anak ketiga dari empat bersaudara dari keluarga Dhirubhai Ambani. Sempat menetap di Yaman, keluarganya harus berpindah ke Mumbai karena adanya guncangan politik. Saat itu, ia dan keluarganya sempat tinggal di sebuah rumah sewaan yang tidak begitu besar. Sebelum mendirikan perusahaan RIL, ayahnya dulu adalah seorang pedagang benang dari produsen tekstil kecil.  

Dari latar belakang pendidikannya, Mukesh Ambani meraih gelar sarjana di jurusan teknik kimia di Universitas Mumbai. Ia sempat melanjutkan kuliahnya untuk memperoleh gelar master jurusan administrasi bisnis di Universitas Stanford. Namun, ia tidak melanjutkan studinya untuk bergabung dengan bisnis keluarganya pada tahun 1981. 

Selama karirnya, ia berhasil mengembangkan Reliance Industries sebagai salah satu perusahaan terbesar di India bahkan dunia. Mukesh Ambani juga terlibat langsung dalam peresmian kilang minyak bumi terbesar di Jamnagar, Gujarat pada tahun 1999. 

Berkat kerja keras dan usahanya, prestasi yang ia dapatkan tersebut tentu sangat luar biasa.

Pemilik perusahaan Reliance Industries

Didirikan Dhirubhai Ambani pada tahun 1958, Reliance Industries awalnya hanya sebuah perusahaan dagang komoditas kecil. Pada tahun 2002, Dhirubhai Ambani meninggal dan perusahaan Reliance Industries diambil alih oleh Mukesh Ambani dan saudaranya, Anil Ambani. 

Di bawah kepemimpinan Mukesh Ambani, Reliance Industries berkembang dan menjadi salah satu perusahaan terbesar di India. Tidak hanya bisnis di sektor energi, Mukesh Ambani mulai melebarkan sayap perusahaannya ke berbagai sektor bisnis lainnya. Mulai dari ritel, telekomunikasi, hingga hiburan. Bahkan, ia juga dikenal sebagai pelopor di beberapa fasilitas manufaktur berbasis teknologi.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.