NEWS

7 Ruas Tol Bayar Tanpa Stop, Mulai Diberlakukan!

Bayar tol makin cepat

7 Ruas Tol Bayar Tanpa Stop, Mulai Diberlakukan!Ilustrasi gerbang tol (Wikimedia Commons/Midori)
10 July 2024

Sistem pembayaran tol nirsentuh Multi Lane Free Flow (MLFF) akan diberlakukan pada sejumlah ruas tol di Indonesia. Dengan begitu, pengguna tol tidak perlu lagi berhenti apalagi mangantre ketika melakukan pembayaran di gerbang tol.

Diketahui ada tujuh ruas tol yang masuk dalam pertimbangan masa transisi dari pembayaraan nontunai dengan tap kartu elektronik ke MLFF. Prosesnya juga direncanakan akan dilakukan secara bertahap.

Penasaran mengenai sistem MLFF dan daftar ruas tol bayar tanpa stop yang ada di Indonesia? Simak selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Multi Lane Free Flow?

Sebelum mengetahui daftar ruas tol bayar tanpa sentuh, kenali terlebih dahulu mengenai sistem Multi Lane Free Flow (MLFF).

Dilansir dari laman bpjt.pu.go.id, Multi Lane Free Flow adalah sistem pembayaran tol nontunai dengan menggunakan teknologi nirsentuh.

Sistem pembayaran tersebut menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) yang akan mendeteksi pergerakan kendaraan yang melewati gerbang Jalan Tol.

Teknologi ini berbeda dengan radio frequency identification atau RFID, GNSS menggunakan alat yang dipasang di mobil. Ketika berada di gerbang tol, alat tersebut akan terbaca lewat sistem di satelit.

Dengan begitu, pengguna tidak perlu menghentikan kendaraan lagi untuk mengeluarkan e-toll di gerbang tol. Dalam pelaksanaannya, sistem tersebut terintegrasi dengan aplikasi.

Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi Cantas yang berfungsi sebagai electronic on board unit (e-OBU).

Daftar ruas tol bayar tanpa sentuh

Dalam masa transaksi ini, sejumlah ruas tol mulai diberlakukan dengan sistem pembayaran nirsentuh. Total ada tujuh ruas jalan tol yang masuk ke dalam pertimbangan masa transisi.

Berikut daftar ruas tol bayar tanpa sentuh di Indonesia.

  • Tol Bali Mandara
  • Tol Balikpapan-Samarinda
  • Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi)
  • Tol Jakarta-Cikampek (Japek)
  • Tol Soedijatmo
  • Tol Dalam Kota Jakarta
  • Tol JORR 1.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.