NEWS

Siapa Nama Masa Kecil Paus Fransiskus? Simak Biografi Lengkapnya

Dikenal sebagai sosok yang sederhana

Siapa Nama Masa Kecil Paus Fransiskus? Simak Biografi Lengkapnyapaus fransiskus (wikimedia commons/agencia brasil)
04 September 2024

Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia jadi momen yang memiliki kesan tersendiri. Diketahui Paus Fransiskus berkunjung selama tiga hari dari tanggal 3–6 September 2023 di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Paus Fransiskus juga melakukan kegiatan dialog antar umat beragama dan mengadakan misa kudus di Stadion Gelora Bung Karno.

Sebagai pemimpin Gereja Katolik tertinggi, Paus Fransiskus sangat dikenal sebagai sosok yang sederhana dan cukup aktif dalam menyuarakan perdamaian dunia. 

Kira-kira siapa nama kecil Paus Fransiskus hingga perjalanan imannya? Simak biografi lengkapnya di bawah ini.

Biografi Paus Fransiskus

Nama asli Paus Fransiskus sekaligus nama masa kecilnya ternyata adalah Jorge Mario Bergoglio. Ia lahir pada tanggal 17 Desember 1936 di Buenos Aires dan putra dari pasangan Mario dan Regina Sivori.

Ayahnya, Mario, adalah seorang imigran asal Italia yang bekerja sebagai akuntan di industri kereta api. Ibunya juga dikenal sebagai sosok yang penyayang dan berdedikasi untuk membesarkan kelima anaknya.

Sebelum menjawab panggilan imannya, ia sempat menempuh pendidikan dan lulus sebagai teknisi kimia. Setelah itu, ia memilih jalan imamat dengan memasuki Seminari Keuskupan Villa Devoto.

Tepat pada tanggal 11 Maret 1958, Paus Fransiskus masuk novisiat Serikat Yesus.

Aktif dalam dunia pendidikan

Sepanjang perjalanan hidupnya, Paus Fransiskus juga dikenal memiliki semangat belajar yang tinggi. 

Setelah masuk novisiat, ia berhasil menyelesaikan studi di bidang humaniora di Chili. Ia kembali ke Argentina pada tahun 1963 untuk mendapatkan gelar sarjana filsafat di Colegio de San José di San Miguel.

Tercatat dari tahun 1964 hingga 1965, Paus Fransiskus aktif mengajar bidang sastra dan psikologi di Immaculate Conception College di Santa Fé dan Colegio del Salvatore di Buenos Aires di tahun 1966.

Untuk memperdalam pengetahuannya, ia pun belajar teologi dan memperoleh gelar dari Colegio San José.

Paus Fransiskus kemudian ditahbiskan sebagai imam oleh Uskup Agung Ramón José Castellano pada tanggal 13 Desember 1969.

Satu tahun berikutnya, ia melanjutkan studi di Universitas Alcalá de Henares sampai tahun 1971.

Pada tanggal 22 April 1973, Paus Fransiskus mengucapkan kaul kekalnya bersama dengan rekan Yesuit lainnya. 

Di Argentina, ia melanjutkan karyanya di bidang pendidikan sebagai seorang magister novis di Villa Barilari, profesor di San Miguel, dan rektor Colegio Máximo di Fakultas Filsafat dan Teologi.

Di tahun 1986, ia juga sempat pergi ke Jerman untuk menyelesaikan tesis doktoralnya.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.