NEWS

Dokumenter HBO Ungkap Misteri Pencipta Bitcoin, Satoshi Nakamoto

"Money Electric: The Bitcoin Mystery" sudah tayang.

Dokumenter HBO Ungkap Misteri Pencipta Bitcoin, Satoshi NakamotoIlustrasi logo Bitcoin (Wikimedia Commons)
09 October 2024

Jakarta, FORTUNE - Identitas pencipta Bitcoin, Satoshi Nakamoto, telah menjadi bahan spekulasi selama bertahun-tahun. Namun, sebuah Film dokumenter baru dari HBO mengklaim telah berhasil memecahkan salah satu misteri terbesar di dunia digital: identitas pencipta Bitcoin.

Dokumenter berjudul "Money Electric: The Bitcoin Mystery" ini tayang perdana pada Selasa, 8 Oktober 2024 untuk mengungkap sosok di balik nama samaran Satoshi Nakamoto. Sosok yang kabarnya memiliki sekitar 1 juta Bitcoin senilai US$63 miliar ini memang kontroversial dan masih terdapat perbedaan pendapat yang signifikan dalam komunitas Bitcoin mengenai apakah identitas pencipta Bitcoin harus diungkap.

Sutradara film ini, Cullen Hoback, dalam sebuah unggahan di platform X, menyatakan telah melacak Nakamoto yang hingga kini masih sulit dipahami. “Beberapa dari kalian mungkin bertanya-tanya kenapa saya menghilang. Nah, saya sedang melacak seseorang yang juga menghilang,” tulis Hoback dalam unggahannya yang menyertakan trailer dokumenter tersebut, melansir Quartz (9/10).

Hoback bukanlah nama baru dalam dunia investigasi dokumenter. Sebelumnya, ia mengarahkan serial dokumenter terkenal "Q: Into The Storm", yang dikenal karena mengungkap identitas Q, pencipta teori konspirasi QAnon—gerakan politik sayap kanan yang muncul di 8chan pada tahun 2017.

Identitas Nakamoto sudah lama menjadi teka-teki yang menarik perhatian publik. Salah satu klaim paling terkenal datang dari Craig Wright, seorang ilmuwan asal Australia yang berulang kali mengaku sebagai pencipta Bitcoin. Namun, awal tahun ini, Wright dilaporkan kepada jaksa Inggris karena diduga memberikan sumpah palsu terkait klaim tersebut.

Siapa pencipta Bitcoin sebenarnya?

Menjelang penayangan Money Electric, pengguna di situs taruhan kripto Polymarket ramai bertaruh bahwa pencipta Bitcoin sebenarnya adalah Leonard Harris "Len" Sassaman, seorang cypherpunk Amerika dan ahli kriptografi. Sassaman meninggal dunia pada 2011, tak lama setelah Nakamoto berhenti beraktivitas di Bitcointalk, forum awal untuk diskusi terkait cryptocurrency.

Nama lain yang sering disebut dalam spekulasi ini adalah Adam Back, salah satu cypherpunk terkemuka dan figur kunci dalam komunitas kripto. Meskipun banyak pihak menduga keterlibatannya, Back berulang kali membantah bahwa ia adalah pencipta Bitcoin.

Meskipun banyak spekulasi berkembang, Hoback belum mengonfirmasi atau menyangkal salah satu teori tersebut, namun ia berjanji akan mengungkap "nama spesifik" pada penayangan dokumenternya hari Selasa.

Bitcoin, mata uang digital yang diciptakan pada 2009, memiliki sejarah misterius karena sosok Nakamoto yang tetap anonim. Anonimitas ini diperkirakan sengaja dipertahankan untuk melindungi identitas dari campur tangan pemerintah dan menjaga prinsip desentralisasi yang menjadi inti dari konsep Bitcoin. Banyak yang meyakini bahwa jika identitas Satoshi Nakamoto terungkap, sistem Bitcoin mungkin tidak akan berfungsi seefektif saat ini.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.