NEWS

OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023

Platform semakin populer sejak pandemi Covid-19.

OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023Shutterstock/Mehaniq
19 September 2024

Jakarta, FORTUNE -  OnlyFans, platform video berbasis langganan yang didirikan pada 2016, mencatatkan pendapatan rekor pada tahun 2023 dengan total mencapai US$6,6 miliar. Platform ini semakin populer, terutama sejak masa pandemi, berbeda dengan tren lain seperti permainan Animal Crossing atau kopi dalgona yang kini memudar. Situs ini, yang dikenal sebagai penyedia konten dewasa, masih berhasil menarik perhatian penggunanya.

Menurut laporan pendapatan tahunan yang dirilis oleh perusahaan induknya, Fenix International, jumlah pengguna OnlyFans melonjak sebesar 28 persen dalam setahun, hingga mencapai 305 juta akun. Selain itu, jumlah kreator di platform ini juga naik 29 persen menjadi 4,1 juta akun. 

Pertumbuhan creator economy semakin pesat, dan beberapa kreator sukses bahkan mampu mengubah aktivitas di OnlyFans menjadi sumber pendapatan utama mereka. Seorang kreator terkenal, Bryce Adams, mengungkapkan kepada Washington Post bahwa ia mengelola bisnisnya dengan karyawan di lahan seluas 10 hektar. "Ini adalah bisnis kami, ini adalah hidup kami," ujarnya, mengutip Fortune.com (19/9).

Meskipun kisah Adams terbilang luar biasa, sebagian besar kreator OnlyFans menghasilkan pendapatan tahunan rata-rata sekitar $1.300, menurut data Mashable.

Pendapatan kreator meningkat 19 persen

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.