NEWS

BPOM Tarik Roti Okko Karena Berbahaya dan Nyatakan Aoka Aman

Telah melalui uji laboratorium.

BPOM Tarik Roti Okko Karena Berbahaya dan Nyatakan Aoka AmanIlustrasi: roti-roti untuk dikonsumsi. (Dok.123RF)
24 July 2024

Fortune Recap

  • BPOM menemukan roti merek Okko mengandung bahan pengawet berbahaya dan meminta produknya ditarik dari peredaran.
  • Produsen roti Okko, PT Abadi Rasa Food, tidak menerapkan cara produksi pangan olahan yang baik.
  • Menurut pengujian BPOM, roti merek Aoka tidak mengandung natrium dehidroasetat.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) mengumumkan hasil inspeksi serta uji lab terhadap ROTI merek Okko. Hasilnya, BPOM menemukan bahwa produsen menggunakan bahan pengawet berbahaya. Akibat dari temuan tersebut, BPOM menegaskan bahwa pihaknya meminta produk roti Okko ditarik dari peredaran masyarakat. 

"Terhadap temuan ini, BPOM telah melakukan penghentian kegiatan produksi dan peredaran," demikian bunyi keterangan resmi BPOM yang dikutip Rabu (24/7)

BPOM menyatakan PT Abadi Rasa Food selaku produsen tidak menerapkan cara produksi Pangan olahan yang baik. Selain itu, roti merek Okko juga ditemukan mengandung natrium dehidroasetat sebagai asam dehidroasetat. Bahan tersebut tidak termasuk bahan tambahan pangan yang diizinkan berdasarkan Peraturan BPOM No.11/2019 tentang bahan tambahan pangan.

"Hasil pengujian terhadap sampel roti Okko dari sarana produksi dan peredaran menunjukkan adanya natrium dehidroasetat (sebagai asam dehidroasetat) yang tidak sesuai dengan komposisi pada saat pendaftaran produk," ujar BPOM.

Sedangkan untuk roti merek dagang Aoka, BPOM telah mengambil sampelnya dan dilakukan pengujian. Hasilnya menunjukkan produk tidak mengandung natrium dehidroasetat.

Hal ini sejalan dengan hasil inspeksi ke sarana produksi roti Aoka pada 1 Juli 2024 yang menunjukkan tidak ditemukannya natrium dehidroasetat pada sarana produksi.

Temuan BPOM ini sekaligus membantah isu yang sempat beredar bahwa roti Aoka mengandung zat pengawet berbahaya.  

Produk roti merek Aoka diproduksi oleh PT Indonesia Bakery Family (IBF) yang bermarkas di Bandung, Jawa Barat.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.