NEWS

Ini Hasil Temuan Kemenhub dan KNKT Soal Rangka eSAF Motor Honda

Hasil evaluasi rangka eSAF telah dirilis.

Ini Hasil Temuan Kemenhub dan KNKT Soal Rangka eSAF Motor HondaIlustrasi: rangka eSAF milik Honda.
18 September 2023

Jakarta, FORTUNE - Hasil penelitian rangka enhanced smart architecture frame (eSAF) sepeda motor Honda yang menunjukkan soal proses produksi hingga uji ketahanan telah diumumkan.

Penelitian itu sendiri telah dilangsungkan oleh tim dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) lewat Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) pada Agustus hingga September 2023.

Pemerintah telah mendatangi dan melihat langsung proses produksi rangka eSAF di pabrik sepeda motor Honda di Kawasan Industri Indotaisei Karawang, Jumat (1/9).

Menurut mereka, PT. AHM membuat rangka eSAF dari bahan mentah berupa high strength steel (HSS) yang diproses menjadi rangka dan kemudian dilapis dengan metode CED (cathodic electro deposition) via proses penyelupan.

Tim peneliti juga menyaksikan proses pengendalian kualitas produk, mulai dari tahap mendatangkan material, press, pengelasan, dan pelapisan. Objek kontrol barang memasukkan pula dimensi maupun ketebalan dari hasil proses pelapisan—yang telah pula dijalankan dan memenuhi standar manufacturing global.

Berdasarkan hasil perhitungan finite element method dan divalidasi melalui pengujian aktual di fasilitas milik PT. AHM, dapat dikatakan struktur rangka eSAF cukup kuat dan tidak memiliki daerah kritis atau fatigue dengan stress load yang tinggi. Tegangan yang terjadi masih jauh di bawah yield point (batas elastis) material rangka.

"Diharapkan masyarakat tidak perlu khawatir karena saat ini sedang dalam proses perbaikan tentu untuk mengutamakan kendaraan bermotor yang berkeselamatan ke depannya. Hasil penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti telah ditindaklanjuti. Kami bersama KNKT akan mengawal dan mengawasi proses pemeriksaan dan penanganan rangka eSAF ini," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno, dalam keterangan pers, yang dikutip Senin (18/9).

Ada potensi karat pada bagian dalam

Lain halnya ketika tim peneliti Ditjen Hubdat dan KNKT menginvestigasi rangka eSAF dari motor konsumen.

Berdasarkan hasil pemeriksaan ditemukan adanya karat pada bagian dalam rangka yang tidak dikenai proses pelapisan (coating). Lalu, lubang pembuangan bawah yang didesain Honda berpotensi tertutup kotoran. Hal ini membuat air tersumbat serta dapat menyebabkan udara lembap di sekitar rangka yang dapat bersifat korosif.

Menindaklanjuti hasil penelitian tersebut, PT. AHM berupaya melakukan optimalisasi terhadap perlindungan rangka dari korosi secara menyeluruh.

Selanjutnya sebagai langkah nyata bentuk tanggung jawab PT. AHM terhadap sepeda motor yang telah berada di tangan konsumen, PT. AHM membuka layanan pemeriksaan dan penanganan dengan menyediakan layanan 24 jam melalui contact center Honda 1-500-989 yang dapat diakses dari seluruh Indonesia atau datang langsung ke bengkel AHASS terdekat.

Karakteristik rangka eSAF Honda

Rangka eSAF merupakan hasil inovasi pabrikan Honda, dan pertama kali digunakan pada Honda Genio pada 2019.

Rangka eSAF kini digunakan untuk beberapa sepeda motor matic keluaran Honda.

Struktur baru ini memiliki bobot yang lebih ringan sekitar 8 persen dibandingkan dengan model standar yang menggunakan pipa atau tabung yang dipotong-potong.

Efek dari penggunaan rangka eSAF ini adalah penurunan bobot sepeda motor, yang pada gilirannya membantu mengurangi berat kendaraan.

Manfaat lain dari rangka eSAF adalah peningkatan utilitas dan ruang pada sepeda motor. Sebagai contoh, kapasitas tangki bensin dapat ditingkatkan dari 4 menjadi 4,2 liter. Selain itu, ruang bagasi di bawah jok juga dapat mencapai 14 liter.



 

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.