NEWS

Tambah Perjalanan Pada 1 Juni, Waktu Tunggu KRL Akan Semakin Ringkas

Nanti total perjalanan KRL setiap harinya mencapai 1.133.

Tambah Perjalanan Pada 1 Juni, Waktu Tunggu KRL Akan Semakin RingkasPenumpang KRL Commuter Line berjalan di Stasiun Manggarai, Jakarta, Rabu (25/5/2022). ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.
30 May 2023

Jakarta, FORTUNE - PT KAI Commuter Indonesia (KCI) akan menambah jumlah perjalanan KRL mulai 1 Juni 2023. Dengan ditambahnya jumlah perjalanan, waktu tunggu penumpang KRL akan jadi lebih cepat.

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, mengatakan pihaknya melakukan perubahan Grafik Perjalanan Kereta (Gapeka) untuk meningkatkan layanan kepada penumpang yang kini tembus hampir 1 juta orang per hari.

Mulai 1 Juni nanti, total perjalanan KRL setiap harinya akan bertambah menjadi 1.133 perjalanan dari tahun awal tahun lalu sebanyak 1.081 perjalanan harian. Seluruh perjalanan itu dioperasikan oleh 98 rangkaian kereta api yang beredar ke setiap stasiun.

Anne menjelaskan penambahan jumlah rangkaian dilakukan melalui komposisi ulang gerbong kereta. Nantinya, mayoritas rangkaian hanya akan terdiri atas delapan hingga 10 gerbong dari yang biasanya sebanyak 12 gerbong.

"Kita rekomposisi kereta sekarang rangkaian delapan sampai 10 gerbong yang banyak sehingga bisa ditambahkan jumlah perjalanan dan perkecil headway agar tidak terjadi penumpukan," kata Anne dalam keterangannya, Senin (29/5).

Rute lintas Bogor mengalami percepatan waktu tunggu

Untuk perjalanan Commuter Line Bogor, pada lintas Depok–Manggarai/Jakarta Kota misalnya, KAI Commuter akan menambahan frekuensi perjalanan pada jam sibuk pagi mulai pukul 04.00–08.00 WIB yaitu sebanyak 2 perjalanan menjadi 50 perjalanan dengan headway 5 menit.

Sedangkan untuk perjalanan pada lintas Jakarta Kota–Nambo/Bogor pada jam sibuk sore mulai pukul 15.00–20.00 WIB akan ditambah 1 perjalanan menjadi 52 perjalanan dengan headway rata-rata selama 5 menit.

Untuk mengantisipasi pengguna yang transit di Stasiun Manggarai ke arah Sudirman/Tanah Abang/Duri di jam sibuk pagi, KAI Commuter menambah 13 perjalanan pada lintas Manggarai–Kampung Bandan menjadi 33 perjalanan.

Sedangkan untuk pelayanan pengguna yang transit di Stasiun Manggarai dari arah Duri/Tanah Abang/Sudirman di jam sibuk sore, ditambah 17 perjalanan menjadi 40 perjalanan pada lintas Kampung Bandan–Manggarai.

Akan mengoptimalkan Sabtu dan Minggu untuk pemeliharaan

Mulai 1 Juni 2023 nanti, KAI Commuter akan mengoperasikan perjalanan Commuter Line di wilayah Jabodetabek sebanyak 1.133 perjalanan dengan 98 rangkaian.

Perjalanan tersebut terdiri dari 420 perjalanan Commuter Line Bogor, 282 perjalanan Commuter Line Cikarang, 221 perjalanan Commuter Rangkasbitung, 124 perjalanan Commuter Line Tangerang, dan 86 perjalanan Commuter Line Tanjungpriok.

Pemberlakuan Gapeka 2023 nanti juga telah mengakomodir progres pengembangan Stasiun Manggarai yang secara bertahap akan menyelesaikan pembangunan fasilitas pelayanan di peron jalur 3 dan 4 stasiun sebagai pelayanan naik dan turun pengguna Commuter Line.

Dengan perubahan Gapeka ini, KCI akan mengoptimalkan waktu Sabtu dan Minggu untuk pemeliharaan kereta sehingga pada hari kerja layanan kereta dapat berjalan optimal.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.