NEWS

Pemerintah Akan Evaluasi Harga Tiket Pesawat

Sejumlah isu strategis dibahas dalam FGD penyusunan Renstra.

Pemerintah Akan Evaluasi Harga Tiket PesawatDirektorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan menggelar Focus Group Discussion (FGD) penyusunan Renstra 2025-2029. (Doc: Kemenhub)
17 May 2024

Fortune Recap

  • Ditjen Hubud Kemenhub akan evaluasi harga tiket pesawat dalam Renstra 2025-2029
  • Isu strategis lain: konsep hub dan spoke, pengembangan Seaplane/Waterbase, peningkatan infrastruktur logistik
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan akan melakukan evaluasi Harga Tiket Pesawat dalam penyusunan Rencana Strategis (Renstra) periode 2025-2029.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Cecep Kurniawan, mengatakan hal tersebut menjadi salah satu dari sejumlah isu strategis yang perlu dikedepankan dalam lima tahun mendatang.

Selain haga tiket pesawat, isu strategis lainnya antara lain pengembangan konsep hub dan spoke, pengembangan seaplane/waterbase; peningkatan kinerja infrastruktur logistik (pelayanan kargo khususnya di wilayah Timur); serta kapasitas dan ekspansi jumlah penumpang, konektivitas dalam mendukung pertumbuhan ekonomi. 

Ada pula isu strategis lain seperti program jembatan udara dan pelayanan keperintisan (khususnya di wilayah 3T); skema pembiayaan non APBN seperti KPBU (kerja sama pemerintah dengan badan usaha); perkembangan teknologi bidang penerbangan (drone, smart airport, cyber security; perubahan lingkungan (climate change),dan lain-lain.

"Sebentar lagi kita akan memasuki periode tahap pertama dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) Tahun 2025-2045," ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Cecep Kurniawan pada saat membuka kegiatan FGD pada Kamis (16/5) di Jakarta.

Cecep mengatakan Arah Pembangunan Nasional Tahap I Tahun 2025-2029 menyasar penguatan fondasi transformasi dengan penekanan yangf salah satu agendanya adalah transformasi ekonomi.

Kementerian Perhubungan sendiri menjadi bagian dalam tranformasi ekonomi yang berperan penting dalam penguatan infrastruktur dan konektivitas.

Pemulihan pascapandemi

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.